Sulap Sampah Jadi Listrik, PLN Group Gandeng Pemda Cilegon Bangun BBJP Plant Terbesar di Indonesia

Sulap Sampah Jadi Listrik, PLN Group Gandeng Pemda Cilegon Bangun BBJP Plant Terbesar di Indonesia

Peresmian TPSA Bagendung di Cilegon, Selasa 29 November 2022-Sigit Nugroho untuk FIN.CO.ID-

BACA JUGA:Perkuat Listrik Jakarta dan Banten, PLN Operasikan SUTT dengan TKDN 96,7 Persen

BACA JUGA:Pertama di NTT, Anjungan Listrik PLN di Pelabuhan Wuring Mudahkan Operasional Nelayan

"Sinergi ini memberikan dampak yang signifikan bagi semua pihak, karena program yang berpotensi menurunkan emisi karbon per tahun 2.064-2.886 ton CO2 dengan menurunkan pemakaian batu bara 3.600-5.000 ton per tahun ini juga menyerap ratusan tenaga kerja," paparnya.

Selain itu program ini juga dapat menggerakkan komoditas masyarakat sekitar dengan membangun kesadaran bahwa sampah dapat diolah oleh masyarakat dan bukan saja untuk dibuang di TPA, namun juga dapat dimanfaatkan hingga menjadi rupiah.

“Dari potensi 30 ton sampah perhari terdapat potensi omzet sebesar Rp 6.661.450 per hari, namun untuk saat ini belum ada kontrak dalam penjualan biomassa ini,” tegas Edwin.

Inilah langkah nyata PLN menjawab persoalan global. Mewujudkan Indonesia yang bersih dan mandiri energi. Meningkatkan kapasitas nasional dengan prinsip environmental, social and governance (ESG). 

BACA JUGA:Kemenko Marves Apresiasi Pemanfaatan FABA PLN untuk Bantu Bangun Jalan hingga Tanggul Laut

BACA JUGA: Potret Antusias dan Kegembiraan Anak-Anak di Posko Pengungsian Cianjur Bersama Relawan PLN

Saat ini PLN Indonesia Power juga telah berkoordinasi dengan Kementerian PUPR untuk Program Citarum Harum dalam mengupayakan penyediaan desain dan teknologi pengolah SRF 100 ton per hari di 4 lokasi TPA di Jawa Barat yaitu di Karawang, Purwakarta, dan kabupaten Bandung yang masing-masing 30 ton per hari serta kota bandung 18 ton per hari.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: