Mabes Polri Ungkap Detik-Detik Jatuhnya Helikopter Polri NBO 105 P-1103 di Perairan Bangka Belitung

Mabes Polri Ungkap Detik-Detik Jatuhnya Helikopter Polri NBO 105 P-1103 di Perairan Bangka Belitung

Helikopter Tipe NBO 105-ist-net

JAKARTA, FIN.CO.ID - Mabes Polri ungkap detik-detik jatuhnya Helikopter Polairud NBO 105 P-1103 di Perairan Bangka Belitung.

Helikopter Polri tersebut hilang kontak saat melakukan patroli, Minggu, 27 November 2022 siang.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri Brigjen Pol Ahmad Ramadhan mengatakan kondisi Helikopter Polairud NBO 105 P-1103 yang hilang kontak di Perairan Bangka Belitung layak terbang.

“Iya kondisi helikopter layak terbang dengan crew berjumlah empat orang,” katanya, Senin, 28 November 2022.

BACA JUGA:Satu Korban Helikopter Polri Ditemukan, Tim SAR Fokus Pencarian di Pantai Burung Mandi

Dijelaskannya, helikopter Polri yang hilang kontak itu bertolak dari Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah, menuju Bandara Internasional HAS Hanandjoeddin Belitung, Kepulauan Bangka Belitung.

Dilaporkan sebanyak empat anggota Polri berada di dalam helikopter tersebut, yakni AKP Arif Rahman, Briptu Lasminto, Aipda Joko M, dan Bripda Anam.

Ramadhan menjelaskan, kronologi singkat heli hilang kontak tersebut, pada pukul 08.15 WIB dua unit helikopter take off dari Palangkaraya menuju Pangkalan Bun yakni Helikopter nomor register P-1103 dan P-1113.

Adapun helikopter P-1113 juga bermuatan empat crew, yakni AKP Togu, IPDA Rexy Subroto, Bripka Soleh, dan Bripda Erwin.

BACA JUGA:Lewati Cuaca Buruk, Helikopter Polri dengan 4 Kru Hilang di Perairan Bangka Belitung

“Kemudian pukul 11.00 WIB, dua unit helikopter dari Pangkalan Bun menuju Tanjung Pandang Belitung dalam kondisi layak terbang, setelah sebelumnya mengisi bahan bakar,” kata Ramadhan.

Pada pukul 13.45 WIB, lanjut Ramadhan, pada posisi 39nm sebelum Tanjung Pandang Belitung, helikopter melewati cuaca buruk, di mana kapten pilot helikopter nomor register P-1113 mengambil keputusan untuk naik ke ketinggian 5.000 kaki. Dan kapten pilot helikopter P-1103 mengambil keputusan untuk turun menuju ketinggian 3.500 kaki.

BACA JUGA:Ngeri! Detik-detik Helikopter Black Hawk yang Ditumpangi Taliban Jatuh dan Tewaskan 3 Orang

Posisi dipukul 14.24 WIB, kapten pilot heli P-1113 berusaha memanggil crew helikopter P-1103 melalui frekuensi radio helikopter namun tidak ada jawaban.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: