Bertemu Erick Thohir di KTT G20 Bali, Pakar: Kehadiran IOC dan FIFA Bentuk Dukungan Dunia Pada Indonesia

Bertemu Erick Thohir di KTT G20 Bali, Pakar: Kehadiran IOC dan FIFA Bentuk Dukungan Dunia Pada Indonesia

Bertemu Erick Thohir di KTT G20 Bali, Pakar: Kehadiran IOC dan FIFA Bentuk Dukungan Dunia Pada Indonesia. (Instagram.com/Erick Thohir) --

JAKARTAFIN.CO.ID- Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir terus mengupayakan transformasi dunia sepak bola Indonesia. Di tengah kesibukan KTT G-20, menteri andalan Presiden Jokowi tersebut kembali bertemu dengan Presiden FIFA, Gianni Infantino di Bali.

Pertemuan kali ini merupakan tindak lanjut komitmen FIFA bersama Indonesia dalam upaya mentransformasi dunia sepak bola.

Erick Thohir ditugaskan khusus oleh Presiden Jokowi untuk mengawal proses transformasi tersebut.

Pakar Manajemen Prestasi Olahraga dari Universitas Negeri Yogyakarta Prof Dr. Dkoko Pekik Irianto mengapresiasi kehadiran International Olympic Committee (IOC) dan Federation International de Football Association (FIFA) pada KTT G20 dinilai sebagai bentuk dukungan dan perhatian besar terhadap kemajuan olahraga di Indonesia.

BACA JUGA:FIFA dan IOC Hadir di KTT G20, Erick Thohir: Dunia Mendukung Kemajuan Olahraga Indonesia

BACA JUGA:Hasil Survei, Publik Ingin Erick Thohir Pimpin PSSI

“Saya kira kehadiran dua institusi tertinggi dunia IOC mencakup semua kecabangan dan FIFA khususnya sepak bola, saya kira sesuatu yang perlu kita apresiasi ya,” ujar Djoko, Rabu 16 November 2022.

“Di satu sisi memang pemerintah mengundang mereka tentukan dan mereka juga punya respon yang bagus terhadap Indonesia. Nah tentu ini suatu pertanda bahwa kedua stakeholder olahraga tersebut menaruh perhatian yang besar terhadap Indonesia,” sambungnya.

Menurutnya, dari sudut pandang IOC atau Komite Oilmpiade Internasional berkaca pada kemegahan gelaran KTT G20 di Bali menandakan Indonesia sudah layak untuk menjadi calon tuan rumah pelaksanaan Olimpiade pada tahun 2036.

“Ini menjadi catatan tersendiri dari presiden IOC, ternyata Indonesia punya kemauan yang besar terhadap upaya penyelenggaraan Olimpiade di Indonesia. Bahkan kita kan juga akan ikut bidding lagi untuk tahun 2036, IOC mendengar bahwa kita memang punya komitmen program jangka panjang yang terstruktur untuk menjadi 5 besar terbaik,” ucapnya.

BACA JUGA:Hasil Survei, Publik Ingin Erick Thohir Pimpin PSSI

BACA JUGA:Zulkifli Hasan Pilih Erick Thohir Jadi Cawapres di Pemilu 2024

“Ini yang nampak nya di respon baik oleh IOC sehingga tentu dengan kedatangan mereka IOC ke Indonesia bisa bersinergi bagaimana agar bisa menggolkan dalam jangka pendek adalah menjadi tuan rumah Olimpiade tahun 2036,” imbuh Djoko.

Sementara terkait kehadiran FIFA, Djoko mengatakan FIFA punya perhatian khusus untuk melakukan transformasi sepak bola tanah air yang perlu secara serius ditangani oleh pemerintah ke depan.

Sumber: