Gempa Terkini di Cilacap dan Purwakarta, Rumah Warga di Garut Ambruk

Gempa Terkini di Cilacap dan Purwakarta, Rumah Warga di Garut Ambruk

Gempa, Image oleh Tumis dari Pixabay--

"Ada rumah satu tapi apakah itu dampak bencana atau rumah yang sudah tua akibat hujan, kita baru mau asesmen," kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Garut Satria Budi di Garut, Ahad 13 November 2022.

Laporan BMKG, Gempa Purwakarta juga terasa hingga ke Garut.

Gempa Purwakarta terjadi dengan gempa susulan berkekuatan magnitudo 5,3 pada pukul 20:18:45 WIB.

Satria Budi menjelaskan setelah terjadi gempa jajarannya langsung memonitor seluruh daerah, terutama daerah pesisir pantai di Garut.

Hasil laporan di lapangan, kata dia, tidak ada kerusakan infrastruktur dampak dari gempa bumi itu, hanya saja ada satu rumah warga ambruk di Desa Jatisari, Kecamatan Cisompet.

"Kami sudah mengirimkan tim dari BPBD Garut ke Cisompet untuk meninjau langsung seperti apa," katanya.

Ia menyampaikan setelah dilakukan pengecekan maka pemerintah daerah melalui dinas terkait akan menyiapkan bantuan untuk warga yang rumahnya rusak itu.

"Perintah pimpinan bantu, mungkin setelah ada kajian dari dinas teknis untuk menghitung dan atau keperluan bahan bangunannya," kata Satria.

Camat Cisompet Fahmi Prayoga menambahkan, rumah yang ambruk itu diduga karena kuatnya guncangan gempa bumi yang terjadi, Sabtu 12 November malam.

Peristiwa itu, kata dia, tidak menimbulkan korban jiwa karena saat kejadian pemiliknya sedang menginap di rumah saudaranya di lokasi berbeda.

"Tidak ada korban jiwa, rumah sedang dalam keadaan kosong saat kejadian ambruk," katanya.

Guncangan gempa bumi dengan titik pusat terjadi di perairan laut Garut itu sempat dirasakan masyarakat di sejumlah daerah Kabupaten Garut, maupun daerah sekitarnya.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: