Penipuan Set Top Box Berisi Sabun Colek Toko 'Ichsan Collection', Polisi Temukan Banyak Paket Tidak Sesuai

Penipuan Set Top Box Berisi Sabun Colek Toko 'Ichsan Collection', Polisi Temukan Banyak Paket Tidak Sesuai

Saat dibongkar paket tersebut bukan berisikan STB, namun sabun colek bermerek Ekonomi yang dibungkus dengan kardus kotak dan plastik berwarna hitam.--

BEKASI, FIN.CO.ID - Maraknya penipuan penjualan Set Top Box (STB) melalui aplikasi belanja online membuat pihak kepolisian turun tangan.

Kapolsek Cikarang Utara Kompol Mustakim mengungkapkan, pihaknya turun langsung melakukan pemeriksaan ke gudang jasa pengiriman paket.

BACA JUGA:Link Video Kebaya Merah Versi Jilbab di DoodStream yang Bikin Penasaran

"Ramai pemberitaan adanya paket Set Top Box (STB) yang berisikan sabun, kami telah melakukan pemeriksaan di gudang milik perusahaan pengiriman barang," ungkap Mustakim, Minggu 13 November 2022.

Menurutnya salah satu gudang yang dilakukan pemeriksaan, berada di Blokang RT 02/05, Dusun II Desa Karang Setia, Kecamatan Karang Bahagia, Kabupaten Bekasi.

Dari hasil pemeriksaan terdapat temuan, toko yang menjual STB melalui aplikasi belanja online namun mengirim sabun tersebut bernama Ichsan Collection.

"Kita menemukan alamat (toko) tidak lengkap, hanya menuliskan alamat Kabupaten Bekasi saja, dengan nama penerima Dodi, Warga Kabupaten Bogor," tuturnya.

BACA JUGA:Massa Bakar Truk Tabrak Balita hingga Tewas di Papua, Bahkan Diduga Ingin Bakar Pasar Ikebo

Selain itu petugas juga menemukan banyak kiriman paket dari toko itu, dengan jenis isi yang sama yaitu STB namun diduga berisi tidak sesuai.

"Sejumlah paket yang lain bertuliskan STB dengan pengirim yang sama, yang berada di gudang pengiriman semuanya sudah dicancel oleh pihak pengirim," ucapnya.

Kompol Mustakim menjelaskan, sebelumnya terdapat video seorang kurir membongkar kiriman paket dengan keterangan STB namun mencurigakan.

"Mereka bilang dengan kata kata, kita buka (paketnya) ya, ini ada CCTV (di lokasi saat membuka) dan kita videoin katanya paketnya Set Top Box, COD 340 ribuan," jelasnya.

BACA JUGA:Korban Pohon Tumbang di DKI Jakarta Berhak Klaim Santunan Rp 50 Juta, Begini Caranya

Saat dibongkar paket tersebut bukan berisikan STB, namun sabun colek bermerek Ekonomi yang dibungkus dengan kardus kotak dan plastik berwarna hitam.

Sumber: