Kemenkeu One Bersinergi, Bangun Pemulihan Ekonomi

Kemenkeu One Bersinergi, Bangun Pemulihan Ekonomi

--

PALEMBANG, FIN.CO.ID - Pemerintah melalui Kementerian Keuangan selalu berupaya mendorong pertumbuhan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) melalui beragam kegiatan.

Kali ini, seluruh unit eselon I di bawah Kementerian Keuangan (Kemenkeu) yang tergabung dalam Kemenkeu One membuka kelas edukasi untuk pembinaan UMKM dan meresmikan Rumah Kreatif Kemenkeu Satu yang dapat dimanfaatkan pelaku UMKM untuk memasarkan produknya.

BACA JUGA:Ini Cara Bea Cukai Kembangkan Industri Hasil Tembakau dan Tekan Peredaran Rokok IIegal

BACA JUGA:Bea Cukai Berikan Fasilitas Gudang Berikat ke Perusahaan BUMN Ini

Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Bea Cukai Sumatra Bagian Timur (Sumbagtim), Sugeng Apriyanto, mengungkapkan bahwa kolaborasi antarunit Kemenkeu merupakan langkah positif dalam mendukung pemulihan ekonomi nasional melalui pemberdayaan UMKM.

“Peran UMKM sangat besar untuk pertumbuhan perekonomian Indonesia. Kontribusi UMKM terhadap produk domestik bruto (PDB) mencapai 60,5%, sementara terhadap penyerapan tenaga kerja mencapai 96,9% dari total penyerapan tenaga kerja nasional,” imbuhnya.

Dalam memperingati Hari Oeang Republik Indonesia (HORI) ke-76, Kemenkeu One Provinsi Sumatra Selatan melaksanakan kegiatan bimbingan teknis bertajuk “UMKM go to Ekspor” yang berlokasi di Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Provinsi Sumatra Selatan dan Kepulauan Bangka Belitung, pada Sabtu (29/10).

Sugeng menuturkan bahwa Kanwil Bea Cukai Sumbagtim turut serta sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut, bersama dengan narasumber dari Akademisi Politeknik Keuangan Negara STAN dan Tim Ekspor Beli Kreatif Sumatra Selatan.

BACA JUGA:Bea Cukai Kawal Produk Keripik Tempe dan Udang Tembus Pasar Global

Selanjutnya, masih dalam rangkaian acara peringatan HORI ke-76, Kanwil Bea Cukai Sumbagtim hadir dalam peresmian Rumah Kreatif Kemenkeu Satu, pada Senin (31/10).

Peresmian ini turut dihadiri oleh perwakilan dari Asosiasi UMKM, Pemerintah Provinsi Sumatra Selatan, akademisi, serta beberapa elemen masyarakat lainnya.

Sugeng menyampaikan bahwa Rumah Kreatif (RuKre) Kemenkeu Satu merupakan wadah bagi masyarakat untuk mengadakan forum, sharing session, atau konsultasi tentang kebutuhan dan kendala bisnis yang dihadapi yang didirikan oleh Sekretariat Bersama Kementerian Keuangan Sumatra Selatan.

“RuKre menyediakan ruang tertutup dengan fasilitas internet dan berpendingin ruangan yang dapat digunakan untuk konsultasi atau forum internal. Selain itu, RuKre juga menyediakan ruang terbuka yang dapat dimanfaatkan masyarakat untuk mengobrol santai sambil menikmati produk makanan UMKM,” ujar Sugeng.

BACA JUGA:Jalin Sinergi, Bea Cukai Optimalkan Pelayanan ke Masyarakat

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sahroni

Tentang Penulis

Sumber: