Tiga Pegawai KSOP Tarakan Ditangkap Terkait Dugaan Pungli

Tiga Pegawai KSOP Tarakan Ditangkap Terkait Dugaan Pungli

Ilustrasi - penangkapan.-ist-net

TARAKAN, FIN.CO.ID- Sedikitnya tiga pegawai KSOP (Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan) Kelas III Tarakan, ditangkap oleh Direktorat Reserse dan Kriminal Polda Kalimantan Utara (Kaltara) pada Selasa malam 8 November 2022. 

Penangkapan tiga pegawai KSOP Kelas III Tarakan ini terkait dengan dugaan gratifikasi atau pungutan liar (pungli) untuk penerbitan Surat Persetujuan Berlayar (SPB).

Direktur Reskrimsus Polda Kaltara Kombes Pol Hendy F Kurniawan mengatakan, ketiga terduga saat ini masih menjalani pemeriksaan. 

"Kami masih proses penyelidikan sudah mengamankan beberapa barang bukti belum bisa dijelaskan secara detail, masih proses pemeriksaan dan membawa tiga orang," kata Kombes Pol Hendy Kurniawan, di Kantor KSOP Kelas III Tarakan, di Jalan Yos Sudarso, Tarakan dilansir Antara, Rabu 9 November 2022.

Ketiga orang yang dibawa tersebut untuk mendalami perannya masing-masing dan menyinkronkan keterangan. Usai dilakukan penggeledahan di Kantor KSOP Kelas III Tarakan.

BACA JUGA:Penarik Gerobak Sampah di Jakpus Jadi Korban Pungli, LSM Penjara DKI: Pecat Pelakunya, Jangan Kasih Ampun!

BACA JUGA:Isu Pungli Gerobak Sampah di Jakarta Pusat Mencuat, Pj Gubernur: Terima Kasih atas Laporannya

Selanjutnya ketiga pegawai KSOP tersebut dibawa ke Kantor Pengamanan Objek Vital Nasional (Pamobvitnas) Polda Kaltara di Tarakan beserta barang bukti.

Barang bukti yang terlihat dibawa di antaranya satu di dalamnya berisi berkas dan mobil dinas Toyota Avanza dengan nomor polisi KU 1127 J.

"Ada dugaan gratifikasi atau pungli terkait penerbitan SPB, mereka masih saksi. Kami mendapatkan laporan pungli dari pengusaha kapal kemudian dilakukan kroscek dan didalami prosesnya," katanya lagi.

Namun, Hendy belum menyebutkan inisial dari tiga pegawai KSOP terduga pungli SPB, termasuk bagian mana bertugasnya.

Usai penangkapan, Personel Direktorat Reserse dan Kriminal Khusus Polda Kalimantan Utara juga mengeledah Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Tarakan pada Selasa malam.

BACA JUGA:Mantan Kades Kayu Agung di Kabupaten Tangerang Jadi Tersangka Pungli PTSL

BACA JUGA:Dinding Polres Luwu Ditulisi 'Sarang Pungli', Begini Reaksi Keras Kapolri

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: