Pemprov Jabar Akan Bangun Museum Adat Kranggan, Ridwan Kamil: Saya Sendiri yang Akan Rancang Gedungnya

Pemprov Jabar Akan Bangun Museum Adat Kranggan, Ridwan Kamil: Saya Sendiri yang Akan Rancang Gedungnya

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat mendatangi Desa Adat Kranggan, acara Riksa Budaya Jawa Barat Saling Tulungan-Tuahta Simanjuntak untuk FIN.CO.ID-

BEKASI, FIN.CO.ID -- Desa Adat Kranggan Kota Bekasi, salah satu wilayah yang menjaga tiga kekuatan budaya di Jawa Barat yaitu Betawian, Sunda Priangan dan  Cirebonan.

Didalamnya juga terdapat sebuah kebudayaan yang cukup unik, dimana warganya melestarikan budaya sunda dan betawi khas Bekasi.

BACA JUGA:Guyuran Hujan Sambut Kedatangan Kang Emil di Kampung Adat Kranggan

BACA JUGA:Pintu Toko Terbuka, Truk Box Langsung Lenyap Digondol Pencuri di Bekasi

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, membanggakan Desa Adat Kranggan yang bisa melestarikan budaya di tengah modernisasi perkotaan.

"Satu yang saya banggakan, kampung kranggan berhasil melestarikan sembilan generasi di tengah modernisasi yang membuat semua jadi mirip," kata Ridwan Kamil di Desa Adat Kranggan, Bekasi, Selasa 25 Oktober 2022.

Menurutnya Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat, akan mendukung secara penuh Desa Adat Kranggan untuk dipertahankan.

Pihaknya juga berencana akan membangun Museum Budaya Kampung Kranggan, agar bisa menjaga warna kebudayaan dari wilayah Jawa Barat.

BACA JUGA:Motor Curian Dikirim ke Palembang, Ini Peran Para Tersangka Begal Sadis Kabupaten Bekasi

BACA JUGA:Ini Tampang Komplotan Begal Motor Bersenjata Api yang Beraksi di Kabupaten Bekasi

"Terkait museum budaya kampung Kranggan, tinggal carikan tanah dimana panjang kali lebar berapa. Nanti, saya sendiri yang akan orat oret design bangunanya," jelasnya.

Ridwan Kamil menjelaskan, rencana dibangunnya Museum Budaya Kampung Kranggan salah satu cara Pemprov untuk membangkitkan ekonomi wilayah.

"Sehingga provinsi ini lengkap, ekonominya bagus, pemerintahannya baik bersih masyarakatnya," terangnya.

Selain itu Ridwan Kamil secara tegas, ingin menjaga kebudayaan Jawa Barat khususnya yang saat ini di lestarikan di Desa Adat Kranggan.

Sumber: