Pasien Gagal Ginjal Akut di RSCM Beralamat Jatiasih, Pemkot Bekasi Lakukan Hal Ini

Pasien Gagal Ginjal Akut di RSCM Beralamat Jatiasih, Pemkot Bekasi Lakukan Hal Ini

Ilustrasi dokter ginjal atau urologi tengah melakukan pemeriksaan.-pixabay-

BEKASI, FIN.CO.ID - Satu orang anak terkena gagal ginjal akut yang dirawat di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta disebut-sebut merupakan warga Kota Bekasi.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Bekasi Tanti Rohilawati mengungkapkan, pihaknya saat ini tengah melakukan penyelidikan epidemiologi.

BACA JUGA:Menkes: Kasus Gangguan Ginjal Akut di Indonesia Ada 245 dari 26 Provinsi, Tingkat Kematian 57,6 Persen

"Ini kita sedang lakukan penyelidikan epidemiologi (PE), apa betul atau tidak. Kalo menurut RSCM, belum dilaporkan secara resmi," ungkap Tanti Rohilawati, Senin 24 Oktober 2022.

Menurutnya data yang didapat dari pihak RSCM Jakarta, pasien yang dirawat memiliki identitas yang beralamat di wilayah Jatiasih Kota Bekasi 

Pihaknya berencana akan mengundang kembali dokter spesialis anak, terkait kasus gagal ginjal akut yang saat ini sedang jadi fokus penanganan tenaga kesehatan.

"Kemarin kita sudah koordinasi kembali, kita akan mengundang kembali dokter spesialis anak," jelasnya.

BACA JUGA:Antisipasi Penyebaran Kasus Gagal Ginjal Akut, Pemkot Bekasi Siapkan Fasilitas Sarana Dan Prasarana Kesehatan

Tanti Rohilawati mengatakan, pemerintah pusat telah menunjuk puluhan rumah sakit yang dapat melakukan penanganan gagal ginjal akut pada anak.

"Perlu kita sampaikan pemerintah pusat telah menunjuk 14 rumah sakit se-Indonesia, yang menjadi tempat rujukan penanganan gagal ginjal akut," terangnya.

Dari penunjukan pemerintah pusat, tidak ada satupun rumah sakit di wilayah Kota Bekasi yang menjadi pusat rujukan penanganan kasus.

"Di Kota Bekasi tidak ada (rumah sakit rujukan)," tegasnya.

BACA JUGA:Cara Dinkes DKI Dalam Kasus Gagal Ginjal pada Anak Dapat Acungan Jempol DPRD

Namun Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi tengah mempersiapkan, Rumah sakit yang nantinya dapat menjadi salah satu rujukan penanganan gagal ginjal akut pada anak.

Sumber: