Rahang Sakit saat buka Mulut, Begini Cara Mengatasinya

Rahang Sakit saat buka Mulut, Begini Cara Mengatasinya

Rahang Sakit saat Buka Mulut, Image oleh Klaus Hausmann dari Pixabay--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Rahang sakit saat buka mulut adalah salah satu masalah yang cukup banyak dikeluhkan orang di Indonesia.

Ada kalanya rahang sakit saat buka mulut, menyebabkan rasa nyeri tak tertahankan.

Sebelum membahas cara mengatasi rahang sakit saat buka mulut, kita akan terlebih dahulu membahas penyebab mengapa rahang sampai bisa terasa sakit.

Pada kasus rahang sakit saat buka mulut dapat disebabkan gangguan sendi rahang.

BACA JUGA:Mulut Kering dan Haus Gak Ada Habisnya, Ini Daftar Penyakit yang Menyebabkannya

Menurut ahli, via Alodokter, gangguan sendi rahang ini dapat disebabkan oleh kebiasan orang menekan rahang mereka saat cemas atau stres.

Orang yang kerap membuka mulut terlalu lebar saat menguap, juga berpotensi sebabkan rahang sakit.

Selain karena sendi rahang, rahang sakit saat buka mulut bisa disebabkan sakit gigi, infeksi sinus, sakit kepala cluster, gangguan saraf trigeminus, infeksi tulang, hingga serangan jantung.

Pada kasus rahang sakit karena serangan jantung, kondisi ini diikuti dengan rasa sakit di dada, lengan, punggung dan leher.

BACA JUGA:Selain Diabetes, Mulut Kering Bisa Jadi Pertanda 4 Penyakit Serius Ini

Pada kasus rahang sakit karena serangan jantung, bagian rahang kiri adalah yang umumnya dilaporkan terdampak.

Cara Mengatasi Rahang Sakit Sakit saat Buka Mulut

Menurut dr. Riza Marlina, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi keluhan rahang sakit saat buka mulut.

“konsumsi makanan yang lunak sementara waktu, lakukan kompres dengan air hangat atau air es pada bagian yang sakit,” kata dr. Riza Marlina seperti dikutip FIN dari Alodokter.

“(Jangan lupa) hindari membuka mulut terlalu lebar (dan) konsumsi obat anti nyeri seperti paracetamol,” saran dia.
 
Dan jika Anda memang harus ke dokter gigi, karena kondisi tidak lagi tertahankan, maka dokter gigi adalah yang harusnya Anda kunjungi untuk mengatasi keluhan ini.

“untuk penanganan lebih lanjut mengingat hal ini sudah lama Anda alami, Anda bisa menemui dokter gigi lebih lanjut agar dilakukan pemeriksaan secara langsung, dan melakukan pemeriksaan lainnya untuk mencari penyebab yang Anda alami, sehingga dapat diatasi dengan tepat,” tutup dr. Riza Marlina.

Sumber: