Mulut Kering dan Haus Gak Ada Habisnya, Ini Daftar Penyakit yang Menyebabkannya

Mulut Kering dan Haus Gak Ada Habisnya, Ini Daftar Penyakit yang Menyebabkannya

Haus Gak Ada Habisnya, Image oleh Gary G dari Pixabay--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Seseorang bertanya pada dokter tentang kondisi yang dialaminya. Keluhannya adalah seperti mulut kering dan haus yang tidak ada habisnya.

Tidak cuma itu, di malam hari ia juga kerap mengeluhkan suara yang terdengar serak. Pertanyaannya adalah apa yang salah dengan dirinya.
 
Menurut dr. Amadeo Draian Basfiansa, mulut kering dan haus tidak ada habisnya ini bisa dikaitkan dengan sejumlah penyakit.

(BACA JUGA:Mulut Tetap Saja Bau padahal Rajin Gosok Gigi? Ini 'Penjahatnya')

"Radang tenggorokan, flu, rhinitis, sinusitis dan laryngitis (adalah bebera di antaranya),” kata dr. Amadeo seperti dikutip FIN dari Alodokter.

Menurut dia, untuk menentukan mana penyebab pastinya tidak cukup hanya dari mengenali gejala yang dikeluhkan.

Oleh sebab itu, mereka dengan keluhan mulut kering di sertai rasa haus yang terus menerus dan suara serak, disarankan untuk langsung memeriksakan kondisinya ke dokter.

“Karena gejalanya sendiri tidak spesifik, seringkali memang sulit untuk memastikannya bila tanpa pemeriksaan langsung,” jelas dr. Amadeo drian Basfiansa.

Sementara itu untuk penanganan secara mandiri di rumah, mereka dengan keluhan di atas di minta untuk banyak mium air putih hangat, selain istirahat yang cukup.

“(Juga) penuhi kebutuhan nutrisi, kurangi konsumsi makanan dan minuman manis, hindari asap rokok, debu dan polusi, dan bila keluhan tidak membaik dalam beberapa hari, periksakan diri Anda ke dokter umum terdekat,” tutup dr. Amadeo.

Kaitan antara Mulut Kering dan Diabetes

Menurut ahli, sebagaimana dilansir Healthline, mulut kering juga dapat disebakan oleh kondisi kronis, seperti diabetes, baik tipe 1 dan 2.

Tingginya kadar gula dalam darah. diperkirakan menjadi penyebab mulut kehilangan kelembabannya, yang juga berimbas ciptakan bau tak sedap.

Tidak hanya diabetesnya, obat-obatan yang digunakan untuk mengontrol diabetes sendiri, juga memberikan  efek samping seperti mulut kering.  

Ketika dibiarkan, mulut kering dapat berujung komplikasi. Sebut saja gingivitis, periodontitis dan candisiasis hanyalah sebagian di antaranya.

Punya gejala mulut kering yang konsisten? Anda mungkin harus memeriksakan kondisi anda ke dokter setelah ini.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: