Health

Selain Diabetes, Mulut Kering Bisa Jadi Pertanda 4 Penyakit Serius Ini

fin.co.id - 10/05/2022, 12:46 WIB

Mulut Kering, Image oleh Engin Akyurt dari Pixabay

JAKARTA, FIN.CO.ID - Mulut kering mungkin sering dikaitkan banyak orang dengan kondisi seperti dehidrasi, atau mereka yang kekurangan cairan.

Akan tetapi menurut ahli, mulut kering tidak bisa selalu dikaitkan dengan dehindrasi saja.

Mengapa demikian, karena beberapa kondisi serius juga dapat dikaitkan dengan kondisi ini.

"Mulut kering bisa menjadi pertanda sesuatu yang salah di tubuh Anda," kata Dr. Azad Eyrumlu seperti dikutip FIN dari Mirror.

Menurut pakar dari bannIng Dental Group itu, mulut kering bisa dikaitkan dengan stroke, diabetes, Alzheimer, sindrom Sjogren hingga AIDS.

Hal inilah yang menurut dia, mengapa mereka dengan masalah mulut kering, tidak boleh menyepelekan begitu saja kondisi ini.

Memeriksa kondisi mereka ke dokter, adalah salah satu cara untuk menghindari hal yang lebih serius lagi ke depannya.

Kaitan antara Mulut Kering dan Diabetes

Menurut ahli, sebagaimana dilansir Healthline, mulut kering juga dalat disebbkan oleh kondisi kronis, seperti diabetes, baik tipe 1 dan 2.

Tingginya kadar gula dalam darah. diperkirakan menjadi penyebab mulut kehilangan kelembabannya, yang juga berimbas ciptakan tak sedap.

Tidak hanya diabetesnya, obat-obata yang digunakan untuk mengontrol diabetes sendiri, juga memberikan  efek samping seperti mulut kering.  

Ketika dibiarkan, mulut kering dapat berujung komplikasi. Sebut saja gingivitis, periodontitis, candisiasi hanyalah sebagian di antaranya.

Punya gejala mulut kering yang konsisten? Anda mungkin harus memeriksakan kondisi anda ke dokter setelah ini.

Bibir Kering

Menurut ahli, via WebMD, kondisi yang punya nama lain perleche atau juga angular stomatitis ini bisa terjadi di salah satu, atau kedua sisi mulut Anda.

Admin
Penulis
-->