Jadi Persoalan Pemkab, Pengelolaan Sampah di TPA Jatiwaringin Tangerang Bakal Diserahkan ke BUMD

Jadi Persoalan Pemkab, Pengelolaan Sampah di TPA Jatiwaringin Tangerang Bakal Diserahkan ke BUMD

Pemkab Tangerang Saat Meninjau TPA Jatiwaringin Mauk-Rikhi Ferdian-fin.co.id

TANGERANG, FIN.CO.ID - Pengelolaan sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Jatiwaringin, Mauk, Kabupaten Tangerang, rencananya bakal diserahkan kepada Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Tangerang Achmad Taufik mengatakan, tempat pembuangan akhir atau TPA menjadi persoalan sendiri bagi wilayah padat seperti di Kabupaten Tangerang.

Untuk menyelesaikan persoalan tersebut Pemkab Tangerang berencana menyerahkan pengelolaan TPA Jatiwaringin Mauk kepada BUMD. 

BACA JUGA:Keren! Apartemen di Jakarta Ini Punya Bank Sampah, Dalam Sehari Kelola 2 Sebanyak Ton

BACA JUGA:Permintaan Bupati Tangerang pada DPRD, Terkait Sampah, Bangunan, Modal dan Izin Usaha

"Mudah-mudahan sebelum masa jabatan akhir Pak Bupati sudah bisa dimulai yang mana nanti pengelolaan (TPA Jatiwaringin) ke depan akan dilakukan oleh BUMD bersama mitra," kata Taufik kepada FIN, Kamis 13 Oktober 2022.

Terkait dengan volume sampah, dia menjelaskan, dihitung dari luas wilayah Kabupaten Tangerang kurang lebih 1.000 kilometer persegi dengan jumlah penduduknya mencapai 4 juta jiwa. 

Jika dikali dengan 0,5 gram sampah perhari, maka produksi sampah di Kabupaten Tangerang dalam sehari bisa mencapai 2.000 ton. 

BACA JUGA:TPA Banjarbakula, Tempat Pemrosesan Akhir Sampah Dengan Teknologi Sanitary landfill Pertama di Kalsel

BACA JUGA:Anies ke Bantargebang Bekasi, Luncurkan Fasilitas Pengolah Sampah RDF Plant

"Sebagian (sampah) diangkut ke TPA Jatiwaringin dan sebagian lagi diolah kelompok masyarakat seperti di TPST3R dan bank sampah," ujarnya

Meski begitu, menurut Taufik, kapasitas TPA Jatiwaringin masih cukup luas. 

Dengan luas lahan mencapai 31 hektare, TPA Jatiwaringin Mauk disebut masih bisa menampung produksi sampah di Kabupaten Tangerang. 

BACA JUGA:Manfaatkan 50 Ton Sampah per Bulan untuk Bahan Bakar PLTU, PLN Hadirkan Solusi bagi Kota Balikpapan

"Makanya mudah-mudahan nanti setelah ada pengelolaan sampah oleh BUMD bersama mitra ini bisa memperlancar  pengolahan sampah di TPA, dengan sistem teknologi karena saat ini masih open dumping," pungkasnya. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rikhi Ferdian

Tentang Penulis

Sumber: