Komunikasi Dengan FIFA Buntut Kerusuhan di Stadion Kanjuruhan, Ini Harapan PSSI

Komunikasi Dengan FIFA Buntut Kerusuhan di Stadion Kanjuruhan, Ini Harapan PSSI

Sekjen PSSI Yunus Nusi.-pssi.org-

JAKARTA, FIN.CO.ID - PSSI menyampaikan harapan usai terus komunikasi dengan FIFA buntut kerusuhan yang menelan korban jiwa di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur.

Lewat Sekretaris Jenderal PSSI Yunus Nusi mengatakan pihaknya terus menjalin komunikasi dengan FIFA.

Hal ini dilakukan demi menghindari sanksi akibat kerusuhan di Stadion Kanjuruhan, Sabtu, 1 Oktober 2022, setelah laga BRI Liga 1 2022/2023 Arema FC vs Persebaya.

Yunus Nusi menyampaikannya dalam konferensi pers di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu, 2 Oktober 2022.

BACA JUGA:Buntut Tragedi Kanjuruhan, Menpora: PSSI Harus Evaluasi Sistem Liga Indonesia

"Kami berharap kejadian ini tidak menjadi rujukan atau landasan FIFA untuk mengambil keputusan-keputusan yang tidak baik dan tidak menguntungkan Indonesia dan, khususnya, PSSI," kata Yunus.

Pria asal Gorontalo itu melanjutkan, PSSI mengirimkan laporan pertama tentang keributan di Kanjuruhan kepada FIFA pada Sabtu, 1 Oktober 2022, malam atau beberapa saat setelah peristiwa terjadi.

FIFA, kata Yunus, memang meminta keterangan langsung dari PSSI lantaran banyaknya korban meninggal dunia. Komunikasi PSSI dengan FIFA pun berlanjut sampai Minggu.

Sampai Minggu, 2 Oktober 2022 siang, tercatat 129 orang kehilangan nyawa akibat huru-hara tersebut dan kemunkinan masih bertambah.

BACA JUGA:Bentuk Tim Investigasi Tragedi Stadion Kanjuruhan, PWNU Jatim: PSSI Wajib Bertanggungjawab

"Ini kejadian luar biasa. Kami terus menyampaikan kepada FIFA kabar terbaru soal kejadian tersebut," ucap Yunus.

Sementara soal potensi sanksi dari FIFA, Yunus Nusi mengaku belum memiliki gambaran. Akan tetapi, dirinya yakin FIFA tidak akan mengambil keputusan secara instan.

Terkait kerusuhan di Stadion Kanjuruhan, Malang, tersebut, Yunus Nusi menekankan bahwa itu bukanlah perkelahian antarsuporter.


Momen penonton atau suporter terkena gas air mata di tribune Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, Sabtu, 1 Oktober 2022.-Screenshot Twitter/@herul_cules-

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Tiyo Bayu Nugro

Tentang Penulis

Sumber: