Regional

Tiga Saksi Kasus Pembunuhan Pegawai Pemkot Semarang yang Jasadnya Terbakar Minta Perlindungan LPSK

fin.co.id - 29/09/2022, 22:25 WIB

Kapolrestabes Semarang Kombes Pol.Irwan Anwar mengecek temuan tulang dari bagian jasad terbakar di kawasan Marina, Kota Semarang, Rabu (14/9/2022). ANTARA/ I.C.Senjaya

SEMARANG, FIN.CO.ID -- Tiga orang saksi kasus pembunuhan Iwan Budi Paulus mengajukan permohonan perlindungan kepada Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK).

Iwan Budi Paulus merupakan pegawai Pemerintah Kota Semarang yang jasadnya ditemukan terbakar di kawasan Marina Semarang.

BACA JUGA: Lakukan Perbuatan yang Dilarang, Pasutri Ini Diamankan Polisi

BACA JUGA: Temui Lukas Enembe di Kediamannya, Komnas HAM: Kondisinya Tidak Keadaan Baik

"LPSK mendapat permohonan perlindungan dari tiga saksi dari peristiwa pembunuhan tersebut, masih didalami," kata Wakil Ketua LPSK Edwin Partogi Pasaribu di Semarang, Kamis, 29 September 2022.

Namun, Edwin belum bersedia mengungkapkan tiga orang saksi yang mengajukan perlindungan tersebut.

Dalam kunjungannya di Semarang, pimpinan LPSK telah berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait, termasuk Kepolisian Resor Kota Besar Semarang.

Selain itu, LPSK juga telah meminta keterangan tujuh orang saksi dalam perkara pembunuhan pegawai Pemkot Semarang ini.

BACA JUGA: Terungkap Penyebab Utama Banyaknya Kecelakaan di Tol Cipali, Ternyata 86 Persen Karena Faktor Ini

Edwin menjelaskan hasil pengumpulan data dan keterangan di Semarang ini akan dibahas di tingkat pusat sebelum nantinya memutuskan untuk mengabulkan permohonan perlindungan terhadap tiga orang saksi itu atau tidak.

Ia menambahkan pemberian perlindungan terhadap saksi dalam kasus pembunuhan ini mungkin saja diberikan meskipun tersangkanya belum ada.

"Bisa saja pelaku khawatir dengan keterangan para saksi yang mungkin bisa membuat lebih terang peristiwa ini," katanya.

Edwin menilai kekhawatiran semacam itu wajar jika dialami oleh para saksi. "Ancaman faktualnya memang belum ada, tetapi ancaman potensialnya ada," tambahnya.

BACA JUGA: Jadi Bandar Narkoba, Penjaga Sekolah Simpan Sabu Dalam Buku di Ruang Perpustakaan

Sementara Kepala Polrestabes Semarang Komisaris Besar Polisi Irwan Anwar menambahkan seluruh perkembangan dalam penyelidikan kasus kematian Iwan Budi telah disampaikan kepada LPSK.

Admin
Penulis
-->