Kulit Leher Bagian Belakang Menghitam, Gini Cara Ngatasinnya Menurut Dokter

Kulit Leher Bagian Belakang Menghitam, Gini Cara Ngatasinnya Menurut Dokter

Dokter, Image oleh Angelo Esslinger dari Pixabay--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Ada alasan mengapa leher bagian belakang orang yang kegemukan terlihat menghitam.

Menurut ahli, hal itu disebabkan oleh akumulasi gesekan yang terjadi di bagian belakang leher yang menghitam.

“Obesitas dapat menyebabkan penumpukan lemak di bawah kulit sehingga dapat menyebabkan lipatan kulit tambahan. Pada lipatan tersebut dapat mudah terjadi penumpukan keringat dan minyak, hingga mikroorganisme dan menimbulkan hiperpigmentasiyang menyebabkan warna kehitaman pada kulit”.

BACA JUGA:Punggung Kaki Menghitam gegara Sengatan Matahari, Ini Cara Mengatasinya

“Munculnya hiperpigmentasi tersebut tidak diketahui pasti, namun dapat terjadi kemungkinan karena gesekan antar kulit yang berulang,” jelas dr. Riska Larasati seperti dikutip FIN dari Alodokter.

Untuk mengatasi kulit bagian belakang leher menghitam, lanjut dr. Riska Larasati, tentunya dengan menurunkan berat badan ke berat yang ideal.

Dengan begitu, penumpukan lemak di bagian belakang leher dapat dikurangi sebisa mungkin.

dr. Riska Larasati juga menyarankan orang untuk melakukan perawatan kulit.

“Untuk membantu mempercepat pergantian kulit dapat dilakukan dengan melakukan perawatan kulit yaitu dengan scrubbing dengan bahan yang lembut, minimal seminggu sekali. Bila tidak kunjung membaik dapat melakukan konsultasi ke dokter kulit,” tutup dr. Riska Larasati.

Warna Alat kelamin Lebih Gelap dari Warna Kulit Anda, Normal atau Tidak?

Anda memiliki warna kulit kemaluan yang lebih gelap dari warna kulit bagian tubuh lainnya? Apakah hal ini normat atau hanya terjadi pada Anda dan segelintir orang?

Menurut dokter bedah Rena Malik, MD, warna kulit gelap pada alat kelamin seseorang bukanlah sebuah kelainan, dan justru umum ditemukan di masyarakat.

“Punya warna alat kelamin yang gelap (dibandingkan warna kulit tubuh lainnya) adalah hal yang terbilang normal,” kata Rena Malik, MD, seperti dikutip FIN dari Alodokter.

“Malahan hal ini dialami setiap orang. Biasanya terjadi secara perlahan, dan akan semakin gelap seiring dengan bertambahnya usia,” ungkap dia.

Penyebabnya menurut Rena Malik, MD, ada hubungannya dengan hormone testosterone dan estrogen dan efeknya terhadap sel bernama melanocyte.

Melanocyte sendiri berfungsi untuk memproduksi melanin dan menentukan warna kulit seseorang.

Dan ketika tubuh mengalami beberapa proses seperti perubahan hormon karena pubertas, kehamilan dan bertambahnya usia, warna kulit di alat kelamin ini mengalami perubahan warna yang semakin hari semakin menggelap.

Sumber: