Health

Punggung Kaki Menghitam gegara Sengatan Matahari, Ini Cara Mengatasinya

fin.co.id - 01/08/2022, 17:25 WIB

Punggung Kaki Menghitam, Image oleh Pezibear dari Pixabay

JAKARTA, FIN.CO.ID - Bagi mereka yang keluar ruangan di tengah hari bolong dan tanpa menggunakan kaus kaki, maka punggung kaki yang menghitam adalah efeknya.

Ketika dilakukan secara rutin, maka punggung kaki yang hitam ini tidak akan kemana-mana, alias bertahan dalam waktu yang lama.

Tidak ingin hal ini mengganggu kepercayaan diri Anda, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mengingkirkan punggung kaki yang menghitam akibat paparan sinar matahari.

Menurut ahli, via Halodoc, menggosok punggung kaki saat mandi adalah salah satunya.

Dengan menggunakan air hangat dan sabun mandi yang mengandung scrub, gosok punggung kaki saat mandi, untuk mempermudah proses pergantian kulit mati di area yang terdampak.

Dan saat harus berakitifitas di luar, pastikan Anda sudah terlebih dahulu terlindung tabir surya. Hal ini untuk mencegah terbakarnya kulit, penyebab punggung kaki yang menghitam.

Menurut ahli, penggunaan tabir surya untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV matahari, dapat membantu dalam percepatan proses perbaikan warna kulit.

Adapun spesifikasi tabir surya yang perlu diperhatikan adalah tabir surya dengan Sun Protector Factor (SPF) minimal 30.

Cara mengaplikasikannya adalah dengan dioleskan pada kulit 15 hingga 30 menit sebelum meninggalkan rumah. Ulangi proses ini setiak dua jam sekali.

Penggunaan topi, baju lengan panjang dan sarung tangan, apalagi jika mengendarai motor, atau langsung terpapar sinar matahari, tidak kalah pentingnya untuk mencegah kulit belang.

Di malam harinya, gunakan foot cream pada punggung kaki. Kandungan antioksidan dan ekstrak alami yang dimiliki foot cream, baik untuk mencerahkan kulit pungung kaki yang menghitam.

Ada juga masker alami yang bisa dipilih sebagai alternatif, untuk mengembalikan kecerahan kulit punggung kaki.

Selain mengoleskan jeruk nipis (selama 30 menit sembari memijat) Anda juga bisa menggunakan tumbukan kunyit dan dibiarkan selama 10 menit. Bilas dengan air hangat setelah itu.

Admin
Penulis
-->