166 Warga Kota Tangerang Daftar Jadi Panwascam Pemilu 2024

166 Warga Kota Tangerang Daftar Jadi Panwascam Pemilu 2024

Pendaftaram calon anggota Panwascam Kota Tangerang. --

TANGERANG, FIN.CO.ID -- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Tangerang mencatat ada 166 warga di daerah itu yang mendaftarkan diri sebagai calon panitia pengawas kecamatan (Panwascam) Pemilu tahun 2024. 

Ketua Bawaslu Kota Tangerang, Agus Muslim mengatakan, para peserta yang mendaftarkan diri sebagai calon Panwascam tersebut berasal dari 13 kecamatan di Kota Tangerang. 

Dari jumlah 166 orang yang mendaftar, kata dia, 29 orang diantaranya adalah kaum perempuan.

"Yang mana, saat ini penerimaan berkas pendaftarannya akan dilanjutkan ke tahapan verifikasi administrasi," kata Agus, Rabu 28 September 2022. 

BACA JUGA:Integrated Farming System Jadi Jurus Pemkab Tangerang, Tingkatkan Ekonomi Masyarakat di Sektor Pertanian

BACA JUGA:Lepas 5 Kafilah ke MTQ VI Korpri Tingkat Provinsi Banten, Begini Pesan Sekda Kabupaten Tangerang

"Yang kemudian hasilnya, rekapitulasi, hari ini kita terima. Apakah sudah terpenuhi dengan minimal 6 orang dari setiap kecamatan apa tidak," imbuhnya. 

Apabila keterwakilan perempuan masih kurang 30 persen, lanjutnya, maka Bawaslu Kota Tangerang akan memperpanjang proses pendaftaran calon Panwascam tersebut. 

Terkait dengan proses seleksinya, dia menegaskan, Bawaslu akan melakukan verifikasi secara ketat serta melakukan tracking terhadap para calon melalui langkah-langkah yang signifikan. 

BACA JUGA:12 Negara Bakal datang ke Kabupaten Tangerang, Jembatan Ratusan Meter Dibangun

BACA JUGA:Kritik Penyaluran BLT BBM, Fraksi PKS DPRD Kabupaten Tangerang: Jangan Asal Kena Aja!

"Bagaimana nanti (Bawaslu) tetap pada marwahnya, independen, mandiri, dan tidak berpihak," tegasnya

Dia menambahkan, usai tahapan verivikasi administrasi rampung, selanjutnya adalah meminta tanggapan dan masukan dari masyarakat serta melakukan tes tertulis dan wawancara kepada para calon Panwascam. 

"Nanti kita lihat apakah nanti calon panwascam terafiliasi ke partai politik atau tidak dan tentu kita membutuhkan masukan juga dari masyarakat dengan by data. Selain itu kita akan melakukan cek and ricek per orang," pungkasnya. (Rikhi Ferdian) 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: