Ma'ruf Amin Sebut Dirinya Dibelokkan Oleh Jokowi dari Ulama Jadi Wapres

Ma'ruf Amin Sebut Dirinya Dibelokkan Oleh Jokowi dari Ulama Jadi Wapres

Wakil Presiden Ma'ruf Amin.-Dok. FIN-

JAKARTA, FIN.CO.ID- Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengungkapkan bahwa dirinya berbelok dari Ulama menjadi Wakil Presiden karena diminta oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi pada Pilpres 2029 lalu, 

Ma'ruf Amin mengatakan dirinya menjadi Rais Aam dan merangkap sebagai Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengikuti jejak Kiai Haji Sahal Mahfudh. Namun Ma'ruf Amin berbelok menjadi Wakil Presiden atas permintaan Presiden Jokowi.

"Saya mengikuti jejak beliau (Kiai Haji Sahal Mahfudh). Jadi, beliau Rais Aam, merangkap Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan saya mengikuti beliau sebagai Rais Aam dan juga Ketua Umum MUI, tapi saya disuruh belok oleh sama Pak Jokowi menjadi Wakil Presiden Republik Indonesia," kata Wapres Ma'ruf di Semarang, dilansir Antara, Jumat 23 September 2022.

(BACA JUGA:Wapres Ma'ruf Amin Beberkan Ciri Pengganti Anies Baswedan Sebagai Pj Gubernur DKI Jakarta)

(BACA JUGA:Wapres Ma'ruf Amin Bicara Soal Pendemi di Indonesia Menuju Endemi)

Wapres Ma'ruf Amin menyampaikan hal tersebut saat peresmian Masjid Raya Baiturrahman dan Gedung MUI Jawa Tengah Sahal Mahfudh. Acara itu yang juga dihadiri Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen, Ketua MUI Jawa Tengah Ahmad Darodji, dan pejabat terkait lainnya.

Ma'ruf Amin mengatakan, KH Sahal Mahfudh patus dicontoh dan dijadilakan tauladan, pandangan-pandangannya patut dijadikan tauladan.

"Patut dijadikan teladan, patut juga pandangan-pandangannya dijadikan panutan, tapi juga ditempel dan itu menjadi tradisi umat Islam untuk meletakkan nama di monumen-monumen agar senantiasa memberikan inspirasi kepada kita semua," kata Wapres Ma'ruf.

Kiai Haji Achmad Sahal Mahfudh adalah Ketua MUI periode 2000-2014. Sebelumnya selama dua periode Kiai Sahal Mahfudh menjabat sebagai Rais Aam Syuriah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama periode 1999-2014.

(BACA JUGA:Wapres Ma'ruf Amin Bilang Rekonstruksi Kasus Brigadir J Sesuai Keinginan Presiden Jokowi)

(BACA JUGA:Wapres Ma'ruf Amin: Keputusan Kenaikan Harga BBM Sedang Dibahas Pemerintah)

Ia juga adalah pengasuh Pondok Pesantren Maslakul Huda Putra di Kajen, Margoyoso, Pati, Jawa Tengah.

"Ketika melihat dan mendengar namanya, kita terinspirasi dengan langkah-langkah beliau yang sejak mulai ketua MUI Jawa Tengah sampai menjadi ketua umum MUI pusat," tambah Wapres.

Wapres Ma'ruf Amin juga memuji kerja Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Sumber: