Wapres Ma'ruf Amin Bicara Soal Pendemi di Indonesia Menuju Endemi

Wapres Ma'ruf Amin Bicara Soal Pendemi di Indonesia Menuju Endemi

Wapres RI Ma'ruf Amin.-BPMI Setwapres-

JAKARTA, FIN.CO.ID- Wakil Presiden, KH Ma'ruf Amin mengatakan, status pandemi COVID-19 di Indonesia saat ini sedang mengarah dari pandemi ke endemi. 

Hal itu kata Wapres, bisa dilihat dari kenaikan jumlah kasus COVID-19 yang sudah semakin kecil bila dibanding tahun lalu. Namun begitu, pemerintah tidak mau gegabah menetapkan pandemi menjadi endemi.

"Pemerintah kita sementara belum, walau arahnya sudah ke endemi dan dilihat dari kenaikannya sudah sedikit. "Tapi untuk memastikan, pemerintah masih butuh beberapa saat untuk memastikan lagi, jadi bersifat hati-hatilah kita," kata dia, di Pontianak, Kalimantan Barat, Kamis 22 September 2022.

Wapres mengatakan, penanganan pandemi COVID-19 sudag sangat baik.

(BACA JUGA:Kapan Pandemi Covid-19 di Indonesia Berakhir? Ini Penjelasan Jokowi)

(BACA JUGA:WHO Sebut Pandemi Covid-19 Akan Berakhir, PKS Ingatkan Vaksinasi Booster yang Masih Lemah )

Ia pun menilai penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia saat ini sudah sangat baik. "Kita memang, istilah kita itu mengarah dari pandemi ke endemi, tetapi memang ada negara yang sudah lebih dulu mengatakan dalam penanganan Indonesia memang sudah sangat baik," kata dia.

Wapres mengatakan, pemerintah tidak mau terburu-buru menetapkan satatus pendemi ke endemi, sebab bisa saja sewaktu-waktu ada kenaikan kasus. 

"Tapi untuk menyatakan bahwa sekarang sudah endemi pemerintah masih, jangan sampai kita terburu-buru kemudian ternyata belakangan ada (kenaikan kasus), kita pasti dulu, di posisi tidak ada gejolak," kata dia.

Sebelumnya, presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan, pemerintah tidak mau gegabah memutuskan pandemi Covid-19 di Indonesia berakhir.

"Kalau untuk Indonesia saya kira, kita harus hati-hati, tetap harus waspada, tidak harus tergesa-gesa, tidak usah segera menyatakan bahwa pandemi sudah selesai," kata Presiden Jokowi di Pintu Gerbang Gabus, Cibitung, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Selasa, 20 September 2022.

(BACA JUGA:Lestarikan Flora dan Fauna Endemik, Pertagas dirikan Taman Kehati)

(BACA JUGA:Pandemi ke Endemi Tidak Bisa Diputuskan Sendiri, Ada Pertimbangan Ekonomi, Sosial dan Politik)

Jokowi mengatakan, yang bisa memutuskan pandemi telah berakhir atau belum itu adalah organisasi kesehatan dunia atau WHO.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: