Nasional

Soal Infrastruktur di Era SBY, Pengamat: Era Jokowi Jauh Lebih Baik

fin.co.id - 19/09/2022, 07:56 WIB

Presiden Jokowi.

JAKARTA, FIN.CO.ID-  Pengamat politik Adi Prayitno merespon pernyataan Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang mengkliam bahwa pembangunan Infrastruktur di era Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY diselesaikan 80 hingga 90 persen. 

Adi Prayitno menilai pembangunan infrastruktur di era Presiden Joko Widodo atau Jokowi jauh lebih baik dibanding era SBY. 

"Infrastruktur misalnya, dalam dua periode pemerintahan Jokowi,l pembangunan jalan tol sepanjang 1.540 km di seluruh Indonesia selesai dengan kurun waktu 7 tahun. Pembangunan infrastruktur Jokowi jelas jauh lebih baik," kata Adi dalam keterangan tertulis di Jakarta, Ahad 18 September 2022.

(BACA JUGA: Dua Sindiran AHY ke Rezim Jokowi: Tidak Berterima Kasih ke SBY dan BLT Dulu Dihina Kini Dipakai)

(BACA JUGA:Bandingkan Harga BBM Era SBY, Yan A Harahap Singgung Jokowi: Tak Peduli Jeritan Rakyat)

Direktur Parameter Politik Indonesia (PPI) ini menilai bahwa perkembangan pembangunan tol era Jokowi sangat pesat ketimbang pada masa kepemimpinan SBY. Pada pemerintahan SBY pembangunan tol tidak semasif saat ini.

"Pembangunan ini sangat mencolok perkembangannya ketimbang periode sebelumnya, pada masa Presiden SBY sepanjang 189,2 km jalan tol baru rampung setelah pembangunan 10 tahun," ungkapnya.

Adi mengajak publik jernih mempelajari fakta perbandingan keduanya untuk menghindari klaim sepihak. Fakta pembangunan sangat terbuka dan mudah dipelajari.

Dari sisi pembangunan atau konstruksi bandara, kata dia, juga mencolok perbedaannya. 

(BACA JUGA: Kabar Pencapresan Anies Mau Dijegal, Kader Demokrat Ngaku Ada Genderuwo 2024)

(BACA JUGA:Demokrat Bilang Ada Upaya Jegal Anies Baswedan, PDI-P Respon Begini...)

Pada masa SBY, sebanyak 24 pembangunan bandara rampung dalam kurun waktu 10 tahun, sedangkan pada pemerintahan sekarang raihannya lebih dari itu.

Ada lagi, lanjut dia, di sisi infrastruktur dari segi konstruksi bandara. Pada tahun 2004 hingga 2014 sebanyak 24 pembangunan bandara terselesaikan.

"Pada masa kepemimpinan Jokowi sebanyak 29 konstruksi bandara telah selesai dan infonya menargetkan sembilan konstruksi bandara lagi akan selesai pada tahun 2023, sebelum periode kepemimpinan berakhir," kata Adi.

Selanjutnya, Adi juga membeberkan data pembangunan bendungan. Adi mengatakan bahwa pada era Jokowi sebanyak 12 bendungan selesai dalam kurun waktu 7 tahun pemerintahan.

Admin
Penulis
-->