Usai CSS, Zaki Paparkan Program Sanitasi ke Asia Pasifik dan Afrika

Usai CSS, Zaki Paparkan Program Sanitasi ke Asia Pasifik dan Afrika

Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar (tengah) Saat Memaparkan Progam Sanitasi Kepada Delegasi Negara di Asia Pasifik dan Afrika. (dok Diskominfo Kab Tangerang)--

TANGERANG, FIN.CO.ID -- Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar memaparkan berbagai keberhasilan program Sanitasi Sekolah (Sanisek) kepada negara-negara Asia Pasific dan Afrika. 

Pemaparan program sanitasi di sekolah itu juga turut dia paparkan kepada organisasi pemerhati lingkungan pada acara The 9th International Learning Exchange On Wash in Schools yang digelar secara daring, Rabu 13 September 2022. 

(BACA JUGA:Pejabat Publik di Kabupaten Tangerang Diminta Tidak Alergi Terhadap Wartawan)

(BACA JUGA:Pemkab Tangerang Genjot Capaian Vaksinasi PMK)

Zaki mengungkapkan bahwa program Sanisek di Kabupaten Tangerang dimulai pada tahun 2013 dan bertujuan untuk membentuk lingkungan sekolah yang bersih, sehat dan nyaman.

"Program Sanisek ini merupakan program unggulan dan berkelanjutan di Kabupaten Tangerang," ungkap Bupati Zaki kepada seluruh peserta yang terhubung melalui zoom, dikutip Rabu 14 September 2022. 

Diutarakannya, seiring dengan berkembangnya wilayah dan pemenuhan derajat kesehatan masyarakat, khususnya para pelajar di tingkat pendidikan dasar, Program Sanisek tersebut terus dikembangkan dan menyasar sekolah-sekolah dasar (SD) sampai dengan  SMP. 

Yang mana pelaksanaan program itu juga bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan maupun organisasi pemerhati lingkungan lainnya.

(BACA JUGA:Terbakar Api Cemburu, Seorang Istri di Tangerang Dibunuh Suaminya Sendiri)

(BACA JUGA:Ngaku Bisa Sulap Daun Jadi Uang, Pria di Tangerang Malah Dibekuk Polisi Usai Bawa Kabur Motor N-Max)

"Kami juga bekerja sama dengan USAID dan IUWASH dalam membangun dan juga mendesain dari bangun sanitasi sekolah tersebut," jelasnya

Zaki juga mengatakan banyak tantangan dan hambatan yang dialami dalam pelaksanaan program Sanisek.

Dibutuhkan sekitar 3 sampai 5 tahun untuk dapat melihat hasil yang dapat dirasakan langsung, bukan hanya untuk para guru, peserta didik, orang tua tapi seluruh lingkungan sekolah.

"Dukungan kebijakan dari pemerintah dan seluruh stakeholder terkait sangat diperlukan untuk keberhasilan Program Sanisek ini," tuturnya.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: