Pangdam Cenderawasih Ungkap Kalimat Tak Terduga Soal Tudingan Effendi Simbolon Sebut TNI Mirip Ormas

Pangdam Cenderawasih Ungkap Kalimat Tak Terduga Soal Tudingan Effendi Simbolon Sebut TNI Mirip Ormas

Panglima Kodam (Pangdam) XVII/Cenderawasih Mayjen Muhammad Saleh Mustafa.-Screenshot YouTube/46-

JAYAPURA, FIN.CO.ID - Panglima Kodam (Pangdam) XVII/Cenderawasih Mayjen Muhammad Saleh Mustafa ungkap kalimat tak terduga soal tudingan Effendi Simbolon sebut TNI mirip ormas.

Belakangan ini sejumlah prajurit TNI meluapkan kekecewaannya dengan apa yang sempat disampaikan oleh anggota DPR RI Komisi I Effendi Simbolon.

Sebab Effendi Simbolon sempat berujar bahwa TNI bagai gerombolan yang melebihi organisasi masyarakat (ormas).

Hal ini pun menjadi perdebatan publik, dimana ada yang bersikap netral, ada yang kontra, serta ada yang mendukung.

(BACA JUGA:TNI Disamakan Mirip Gerombolan Ormas, Mayor Inf Asmail: Saya Sangat Kecewa Dengan Ucapan Effendi Simbolon)

Bahkan Pangdam Cenderawasih Mayjen Muhammad Saleh Mustafa turut angkat bicara terhadap apa yang disampaikan Effendi Simbolon.

Berdasarkan siaran pers yang diterima, Saleh tidak terima dengan pernyataan yang dilontarkan oleh politisi PDI Perjuangan itu.

Saleh mengatakan pihaknya bertanggung jawab dengan kondisi moril dan keadaan prajurit, khususnya prajurit TNI AD di wilayah Kodam XVII/Cenderawasih.

Pangdam Cenderawasih itu menjelaskan selalu patuh kepada Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dan KSAD Jenderal Dudung Abdurachman.

(BACA JUGA:Viral! Prajurit TNI Ini 'Sentil' Pernyataan Effendi Simbolon: Saya Sebagai Bawahan Merasa Terhina)

"Saya sampaikan kepada prajurit saya, terkait adanya komentar bahwa prajurit TNI adalah gerombolan ormas," kata Saleh di Lapangan Denzipur 10/KYD, Waena, Abepura, Jayapura, Papua, Senin, 12 September 2022.

"Bahwasanya prajurit Kodam XVII/Cenderawasih sejatinya punya satu komando, yaitu asas komando dalam operasi penggunaan kekuatan kita loyal kepada Bapak Panglima TNI," tambahnya.

Mayjen TNI ini melanjutkan bahwa bawahannya tentu juga loyal pada KSAD dimana bisa dilihat bahwa moril pasukan tetap terjaga.


Anggota Komisi I DPR Effendi Muara Sakti Simbolon dalam rapat Komisi I DPR RI dengan Dewan Direksi LPP TVRI, di Gedung Nusantara II, Senayan, Jakarta, Senin, 27 Januari 2020.-Naifuroji/Man-dpr.go.id

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Tiyo Bayu Nugro

Tentang Penulis

Sumber: