BNPP Bakal Tawarkan Komoditas Unggulan Sambas ke Malaysia Lewat Bussines Matching Forum 2022

BNPP Bakal Tawarkan Komoditas Unggulan Sambas ke Malaysia Lewat Bussines Matching Forum 2022

Pelaksana Harian (Plh.) Deputi Pengelolaan Potensi Kawasan Perbatasan BNPP, Tumpak Haposan Simanjuntak. (dok BNPP)--

SAMBAS, FIN.CO.ID -- Komoditas di perbatasan negara dinilai berpotensi untuk dapat dipasarkan ke negara tetangga. 

Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Sambas akan menggelar Bussines Matching Forum 2022 guna menarik pembeli potensial dari negara tetangga Malaysia.

(BACA JUGA:Detik-detik Pengendara Mobil Marah Usai Ditegur Parkir Sembarangan di Bekasi, Ngaku Anggota Polisi)

(BACA JUGA:Ketua RT Tegur Baik-baik, Pengendara Mobil Parkir Sembarangan Malah Nyolot: Saya Keluarga Besar Polisi!)

Pelaksana Harian (Plh.) Deputi Pengelolaan Potensi Kawasan Perbatasan Tumpak Haposan Simanjuntak, menyampaikan kegiatan ini merupakan bagian dari Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2021 tentang Percepatan Pembangunan Ekonomi pada Kawasan Perbatasan Negara di Aruk, Motaain, dan Skouw.

Dalam hal ini Kabupaten Sambas merupakan salah satu kawasan strategis dimana terdapat Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Aruk, yang menjadi tempat perlintasan orang dan barang dari Indonesia ke Sarawak (Malaysia) maupun sebaliknya. 

Sesudah angka paparan Covid-19 mulai melandai, aktivitas lintas batas di PLBN Aruk semakin meningkat. Hal ini dinilai dapat dimanfaatkan untuk memamerkan produk unggulan Kabupaten Sambas di PLBN Aruk.

Kabupaten Sambas merupakan tempat dilaksanakannya 21 program/kegiatan sesuai Inpres 1/2021. Bussines Matching Forum 2022 akan menjadi tempat menampilkan sebagian dari produk lokal yang akan ditingkatkan tata kelolanya sesuai amanat Inpres 1/2021, seperti jeruk, lada, ikan serta kawasan wisata alam dan budaya. 

(BACA JUGA:Rayakan Ultah di Sidang Paripurna, Puan Maharani Dilaporkan ke MKD )

(BACA JUGA:Catat Jadwalnya Biar Gak Kena Macet, Ruas JORR Seksi E dan W2S Akan Dilaksanakan SFO)

Tumpak mengatakan rencananya Bussines Matching Forum 2022 akan diselenggarakan pada waktu dekat.

"Soal waktu kita setuju mungkin di minggu pertama bulan Oktober," ujar Tumpak di Kantor Bupati Sambas, Kabupaten Sambas, Provinsi Kalimantan Barat, dikutip Senin 12 September 2022. 

Untuk menyukseskan kegiatan Bussines Matching Forum 2022 ini, BNPP telah berkoordinasi dengan Dinas Koperasi, UMKM, Perindustrian dan Perdagangan (Kumindag) Kabupaten Sambas guna mengidentifikasi komoditas, industri menengah dan pariwisata yang akan ditampilkan dalam pameran Bussines Matching Forum 2022.

Adapun jenis komoditas yang telah masuk dalam identifikasi adalah holtikultura, perikanan, perkebunan, tanaman pangan, industri kerajinan, serta industri olahan makanan dan minuman.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: