Air Kali Cilampe di Tangerang Meluap Usai Diguyur Hujan Seharian, Puluhan Rumah Dikepung Banjir

Air Kali Cilampe di Tangerang Meluap Usai Diguyur Hujan Seharian, Puluhan Rumah Dikepung Banjir

Kampung Cilampe, Kosambi, Kabupaten Tangerang Dikepung Banjir-Rikhi Ferdian untuk FIN.CO.ID-

TANGERANG, FIN.CO.ID -- Hujan yang mengguyur wilayah Kabupaten Tangerang, Banten, pada Sabtu 10 September 2022, mengakibatkan banjir di sejumlah titik di daerah itu.

Dari laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten kota Tangerang, banjir akibat curah hujan tinggi itu terjadi di Kampung Cilampe, Kelurahan Salembaran Raya, Kecamatan Kosambi, Kabupaten Tangerang.

(BACA JUGA:KPU Kabupaten Tangerang Temukan Data Ganda Keanggotaan Parpol)

(BACA JUGA:Sudah Nyaris Bangkrut, Pabrik di Tangerang Malah Dirampok Karyawannya)

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Tangerang Abdul Munir mengatakan, akibat curah hujan yang tinggi mengakibatkan air di kali Cilampe meluap.

Sehingga, luapan air kali Cilampe tersebut merendam puluhan rumah di wilayah itu.

"Akibat curah hujan tinggi dan mengakibatkan kali Cilampe meluap dan mengakibatkan terjadinya kebanjira. Terdampak (banjir) di Rt 01 dan Rt 04," kata Munir kepada wartawan, Sabtu malam 10 September 2022.

Berdasarkan laporan anggota posko Kosambi Rembang Bandung di TKP, lanjut dia, jumlah kepala keluarga (KK) yang terdampak banjir berjumlah 98 KK.

(BACA JUGA:Pengendara Tersengat Listrik yang Menjuntai di Jalan, Satu Tewas)

(BACA JUGA:Waduh, Ribuan Ulat Bulu Serang Pemukiman Warga di Kabupaten Tangerang)

Adapun ketinggian air akibat luapan air kali Cilampe yang mengepung puluhan rumah warga tersebut rata-rata 50-60 centimeter (cm).

"Jumlah terdampak banjir di Kampung Cilampe, Kelurahan Salembaran jaya, Kecamatan Kosambi, Rt 01 sebanyak 48 KK dan Rt 04 50 KK," terangnya

Untuk penanganan banjir Cilampe, sambung Munir, tim BPBD Kabupaten Tangerang melalui pos damkar Kosambi sudah melakukan penyedotan, menurunkan 1 mesin alkon (pompa air) dan 5 personil.

Menurut dia, warga juga ikut membantu penyedotan air yang tergenang dengan menurunkan 1 alkon. Sehingga ada 2 unit alkon yang digunakan untuk menyedot air.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: