Jakpro Jawab Tudingan PSSI yang Bilang JIS Tidak Memenuhi Kelayakan untuk Laga Timnas VS Curacao

Jakpro Jawab Tudingan PSSI yang Bilang JIS Tidak Memenuhi Kelayakan untuk Laga Timnas VS Curacao

Jakarta International Stadium (JIS).-Screenshot YouTube/ WPS Channel-

JAKARTA, FIN.CO.ID- PT Jakarta Propertindo (Jakpro) buka suara terkait tuduhan pihak Persatuan Sepak Seluruh Bola Indonesia (PSSI) yang menila Jakarta Internasioanl Stadion atau JIS belum layak untuk dipakai dalam laga antara timnas Indonesia lawan Curacao dalam FIFA matchday.

PSSI mengklaim, berdasarkan hasil inspeksi tim Infrastructure Safety and Security PSSI, Stadion JIS belum memenuhi kelayakan 100% infrastruktur (area drop off tim, sirkulasi aktivitas terkait pertandingan di outer perimeter menumpuk di barat utara).

Menanggapi itu, Jakpro mengatakan JIS sudah memenuhi standra FIFA. Jakpro menjelaskan, JIS dirancang oleh konsultan perencana dari Inggris bernama Buro Happold. 

Dia memiliki pengalaman internasional dalam merancang stadion-stadion sepak bola modern di Liga Inggris seperti Tottenham Hotspur Stadium di London serta perancangan beberapa stadion Piala Dunia Qatar 2022.

(BACA JUGA:Soroti Pagar Tribune JIS Roboh, Dede Budhyarto Beri Cibiran: Ini Pasti Azab Siksa Kubur)

(BACA JUGA:Terinsipirasi Anies Bangun JIS, Wali Kota Mohammad Idris Bakal Realisasikan Stadion Megah di Depok?)

(BACA JUGA:Pagar JIS Roboh, Abu Janda Ungkit Atap Formula E: Satu Lagi Tanda Alam Karier Anies Bakal Ambruk)

"JIS merupakan salah satu stadion yang mirip dengan stadion di Eropa baik secara desain maupun fasilitas. Selain itu, Jakpro juga didampingi langsung oleh Assessor FIFA pada saat perencanaan dan desain JIS dilakukan," ujar Plt Direktur Proyek JIS, Arry Wibowo lewat keterangan tertulis, dilansir Sabtu 10 September 2022.

Jakpro kemudian mengungkap 10 poin kriteria teknis dan persyaratan stadion sepak bola modern standar FIFA yang dimiliki JIS.

Jakpro mengatakan, JIS dari unsur safety dan security seperti struktur bangunan, sistem pencegahan kebakaran, dan sistem pengamanan, tersedianya control room, ruang medis pemain dan publik;

JIS juga memiliki area parkir di dalam maupun luar stadion. Area parkir kendaraan maupun bus, serta area parkir khusus VIP/VVIP yang terpisah dari area publik.

Playing area meliputi ukurang lapangan, pemilihan jenis rumput alami/sintetis dan sistem drainasenya, penempatan bangku pemain, LED perimeter/advertising board, aksesibilitas lapangan dalam kondisi darurat, signage area, penanda akses, penanda jalur evakuasi yang tersebar di seluruh area stadion, serta penanda kondisi darurat.

(BACA JUGA:KPK Mulai Garap Kasus di Jakpro)

(BACA JUGA:Pelajari Dokumen Pemprov DKI-Jakpro, KPK Pelototi Komitmen Fee Formula E)

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: