Ferdy Sambo Cs Diperiksa Pakai Lie Detector, Kompolnas Bongkar Tingkat Akurasinya

Ferdy Sambo Cs Diperiksa Pakai Lie Detector, Kompolnas Bongkar Tingkat Akurasinya

Irjen Ferdy Sambo saat menghadiri sidang kode etik-polri tv radio-tangkapan layar youtube

JAKARTA, FIN.CO.ID - Para tersangka kasus dugaan pembunuhan berencana Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J baru-baru diperiksa oleh Bareskrim Polri.

Para tersangka yakni Putri Candrawathi, Ferdy Sambo, Bharada E, Bripka RR, dan Kuat Ma'ruf diperiksa dengan menggunakan alat uji kebohongan atau lie detector.

kelima tersangka yang diperiksa pakai lie detector pun turut direspons oleh Anggota Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas), Yusuf Warsyim.

Yusuf Warsyim menyatakan jika alat lie detector milik Polri adalah produksi 2019. Dan meruakan buatan Amerika Serikat sudah tersetifikasi baik secara internasional dan mendapat sertifikat ISO.

(BACA JUGA:Lie Detector Ferdy Sambo, Lemkapi: Bagi Orang yang Biasa Bohong, Tidak Akan Terpengaruh)

Lanjutnya, alat ini memiliki tingkat akurasinya di atas 93 persen sebagai syarat hasilnya pro justitia dan dapat dijadikan alat bukti di pengadilan sebagai petunjuk dan keterangan ahli.

"Dari ahli bahwa polygraph secara universal sudah masuk dalam alat bukti SCI (Scientific Crime Investigation) dengan syarat tingkat akurasi di atas 90 persen," ungkap Yusuf pada Kamis, 8 September 2022.

Menurutnya alat uji kebohongan untuk melengkapi alat bukti pemeriksaan selanjutnya. Tentulah sangat positif dilakukan oleh penyidik.

"Hal ini tentu dapat diilai sebagai upaya melengkapi bukti yang memang sebelumny sudah cukup terpenuhi," ungkapnya.

(BACA JUGA:Istri Ferdy Sambo Tidak Ditahan, Sudjiwo Tejo Beri Sindiran Halus Tapi Menohok!)

Yusuf menjelaskan, Polri telah lama menggunakan alat uji kebohongan ini. Beberapa kasus menonjol yang menggunakan alat ini antara lain adalah kasus pencabulan anak di Jakarta Selatan dan pembunuhan di Denpasar, Bali.

"Hakim PN Jaksel dan PN Denpasar telah menjadikan hasil polygraph sebagai alat bukti surat atau keterangan ahli," tukasnya.

Hasil Pemeriksaan.

Sebelumnya, Ferdy Sambo akan diperiksa menggunakan alat uji kebohongan besok, Rabu, 7 September 2022.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Ari Nur Cahyo

Tentang Penulis

Sumber: