Hasil Pemeriksaan Lie Detector Putri Candrawathi dan ART Ferdy Sambo Terungkap, Polri: Pro Justitia

Hasil Pemeriksaan Lie Detector Putri Candrawathi dan ART Ferdy Sambo Terungkap, Polri: Pro Justitia

Putri Candrawathi dan Kuat Ma'ruf saat melakuakn rekonstruksi kasus brigadir j-polri tv radio-tangkapan layar youtube

JAKARTA, FIN.CO.ID - Bareskrim Polri beberkan hasil pemeriksaan Putri Candrawathi dan asisten rumah tangga (ART) Ferdy Sambo yakni Susi.

Putri Candrawathi dan Susi diperiksa Bareskrim Polri menggunakan alat Li Detector atau test kebohongan terkait kasus pembunuhan Brigadir J.

Berdasarkan hasil pemeriksaan lie detector, Putri Candrawathi dan Susi memiliki hasil yang sama.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Dedi Prasetyo. Setelah berkomunikasi dengan Puslabfor.

(BACA JUGA:Komnas Perempuan Sebut Brigadir J Ancam Bunuh Putri Candrawathi Hingga Ferdy Sambo Usai Lakukan Pelecehan)

"Hasil Lie detector atau polygraph yang sudah dilakukan terhadap saudari PC dan juga saudari S sama. Setelah saya berkomunikasi dengan Puslabfor dan operator polygraph hasil lie detector itu adalah pro justitia," ucap Dedi pada Rabu, 7 September 2022.

Dedi Prasetyo enggan menjelaskan hasil pemeriksaan Putri Candrawathi dan Susi secara detail karena merupakan materi penyidik.

"Itu juga konstruknya penyidik. Kenapa saya bisa sampaikan pro justitia? setelah saya tanyakan taunya ada persyaratan, sama dengan Ikatan Dokter Forensik Indonesia. Untuk polygraph itu juga ada ikatan secara universal di dunia. pusatnya di Amerika," ucapnya.

Menurut Dedi, alat pendeteksi kebohongan yang dimiliki Puslabfor Polri sudah terverifikasi. Dengan verifikasi ini, lanjut dia, hasil pemeriksaan ini memiliki tingkat akurasi yang tinggi.

(BACA JUGA:Dugaan Pelecehan Putri Candrawathi di Magelang, Diduga Mengaburkan atau Meminimalkan Hukuman)

"Alat polygraph yang digunakan oleh Labfor kita ini semuanya sudah ya terverifikasi dan juga sudah terverifikasi baik ISO maupun dari perhimpunan polygraph dunia," tukasnya.

Sebelumnya, Bharada E dan Brigadir RR telah menjalani pemeriksaan menggunakan lie detector atau tes kebohongan.

Hasilnya kemudian diungkapkan oleh Direktur Tindak Pidana Umum (Dirtipidum) Bareskrim Polri, Brigjen Andi Rian Djajadi.

Bareskrim Polri telah selesai melakukan pemeriksaan terhadap Bharada Eliezer (Bharada E), Bripka Ricky (Brigadir RR) dan Kuat Ma'ruf.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Ari Nur Cahyo

Tentang Penulis

Sumber: