Sambel Uleg Instan Memang Nikmat, tapi Jangan Sering-sering Memakannya

Sambel Uleg Instan Memang Nikmat, tapi Jangan Sering-sering Memakannya

Sambel Uleg Instan, Image oleh phuong hoang thuy dari Pixabay--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Sambel uleg instan belakangan populer di masyarakat Indonesia. Sambel uleg ini dengan mudahnya ditemui di mini market terdekat.

Punya rasa yang beragam, mulai dari yang harganya ramah kantong hingga yang premium, sambel uleg instan adalah solusi mudah bagi pecinta sambel.

Namun yang jadi pertanyannya, apakah boleh sering-sering makan sambel uleg instan yang bisa bikin makanan jadi lebih nikmat itu?

(BACA JUGA:Apa Benar Makan Sambel Kebanyakan Bisa Terasa Sampai ke Alat Kelamin? Ini Kata Dokter)

Jawabnya menurut dr. Rio adalah sangat simpel. Menurut dia bahaya makan makanan instan itu secara logika adalah pada kandungan pewarnna dan zat pengawet di dalamnya.

“Konsumsi makanan instan seperti sambal uleg instan, dikhawatirkan juga mengandung bahan pengawet yang tentunya tidak baik bagi kesehatan jika dikonsumsi terlalu sering dan terus menerus”.

“Selain itu, konsumsi sambel secara berlebihan atau terus menerus bisa menimbulkan keluhan pada saluran pencernaan seperti gastritis, GERD, tukak lambung, dsb,” kata dr. Rio seperti dikutip FIN dari Alodokter.

Ia juga menambahkan, meski efeknya mungkin tidak terasa saat ini, namun dampaknya di kemudian hari mungkin tak terhindarkan.

“Sebaiknya kurangi atau batasi konsumsi makanan instan terutama sambel instan tersebut,” tutupnya.

Makan Mie Instan Mentah Bikin Pusing

Anda mengeluhkan rasa pusing dan mual usai menyantap mie instan mentah?

Apakah benar makan mie instan mentah memiliki efek samping seperti di atas?

Jawabnya menurut dr. Nadia Nurotul Fuadah adalah bisa saja memang demikian, meski penyebab lain masih bisa menjadi pemicunya.

“Beberapa kondisi di atas bisa muncul terkait konsumsi mie instan mentah, namun beberapa yang lainnya tidak,” kata dr. Nadia seperti dikutip FIN dari Alodokter.

Jika bukan karena mie instan, lanjut dr. Nadia Nurotul Fuadah, pusing dan mual bisa disebabkan beberapa sebab.

Dispepsia, seperti asam lambung naik, gastritis, radang atau batu empedu hingga pankreatitis bisa menyebabkan keluhan seperti pusing dan mual.

Masalah pada kepala, seperti vertigo dan migrain lanjur dr. Nadia, juga bisa menyebabkan keluhan yang dimaksud.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: