Apa Benar Makan Sambel Kebanyakan Bisa Terasa Sampai ke Alat Kelamin? Ini Kata Dokter

Apa Benar Makan Sambel Kebanyakan Bisa Terasa Sampai ke Alat Kelamin? Ini Kata Dokter

Sambel, Image oleh phuong hoang thuy dari Pixabay--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Anda merasakan sensasi pedas di alat kelamin hingga anus, adakah yang salah dengan Anda?

Menurut ahli, hal ini bisa dikaitkan dengan kebiasaan orang makan sambel atau cabe secara berlebihan.

“Dalam cabai, terkandung capsaicin yang bertanggung jawab akan cita rasa pedas dan panasnya. Jika dikonsumsi secara wajar, seringnya cabai tidaklah berbahaya,” kata dr. Nadia Nurotul Fuadah seperti dikutip FIN dari Alodokter.

(BACA JUGA:Makan Sambel Gak Cuma Enak, Ini Benefitnya di Kemudian Hari)

“Akan tetapi, jika dikonsumsi berlebihan, maka rentan muncul beragam sensasi tidak nyaman, termasuk rasa pedas dan panas di lidah, tenggorokan, perut, bahkan bisa juga terasa sampai ke anus dan kemaluan,” terangnya.

Tidak hanya itu, konsumsi sambel atau cabe secara berlebihan juga dapat menyebabkan perih pada ulu hati. Sesak, kembung, mual diare hingga gelisah, susah tidur adalah beberapa efek buruk lainnya.  

Jika bukan karena makan cabe atau sambal berlebih, sensasi pedas yang dirasakan saat buang air kecil justru menandakan kondisi kesehatan tertentu.

“Kebiasaan menahan buang air kecil, vulvitis, batu atau infeksi saluran kemih, gonore, herpes genital dan fisura ani (adalah beberapa penyebabnya),” tutup dr. Nadia.

Untuk mengatasi kondisi ini, Anda disarankan untuk membatasi makan pedas, minum banyak air puth, hindari menahan buang air kecil, setia pada pasangan dan rajin ganti pakaian dalam.

Manfaat Makan Sambel

Jika dikonsumsi secara benar dan tidak berlebih, makan cabe atau sambel bisa memberikan manafaat tersendiri untuk kesehatan.

Tidak hanya menyedapkan masakan dengan membuatnya terasa pedas di lidah, cabai merah ternyata punya manfaat yang luas terhadap kesehatan tubuh.

Capsaicin adalah yang bertanggungjawab atas manfaat sehat tersebut, dan berikut ini seperti disebut Healthline:

1. Mengurangi rasa lapar Sebuah studi menunjukan bahwa capsaicin yang kandung cabai cayenne dapat mengurangi rasa lapar dengan menurunkan produksi hormon ghrelin, hormon penyebab lapar yang Anda rasakan.

2. Menurunkan tekanan darah Darah tinggi adalah masalah kesehatan yang mendunia. Faktanya 40 persen dari orang dewasa berusia di atas 25 tahun menderita darah tinggi. Sebuah studi menyebutkan bahwa dengan mengasup capsaicin dalam waktu lama dapat membantu Anda menurunkan tekanan darah yang tinggi.

3. Membantu masalah pencernaan Konsumsi cabai ini diketahui dapat meningkatkan daya tahan sistem pencernaan Anda dari infeksi, meningkatkan produksi cairan pencernaan dan membantu menyalurkan enzim dalam perut.

4. Mendorong metabolisme tubuh Mengkonsumsi cabai ini dapat meningkatkan suhu tubuh Anda. Itu artinya akan semakin banyak lemak yang terbakar

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: