Ratusan Hewan Peliharaan di Kabupaten Tangerang Jadi Target Vaksin Rabies

Ratusan Hewan Peliharaan di Kabupaten Tangerang Jadi Target Vaksin Rabies

Petugas Kesehatan Hewan Dari DPKP Kabupaten Tangerang Saat Lakukan Vaksin Rabies-Istimewa-

TANGERANG, FIN.CO.ID -- Pemerintah Kabupaten Tangerang melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) setempat melakukan pencegahan penyakit menular strategis rabies pada hewan peliharaan.

Yang mana, DPKP telah mengambil sampel darah dan vaksin terhadap sejumlah hewan peliharaan yaitu anjing dan kucing. 

(BACA JUGA:Kendaraan Melebihi Tonase Jadi Penyebab Jalanan Rusak di Kota Bekasi)

(BACA JUGA:Hari Ini Rekonstruksi Pembunuhan Brigadir J Digelar di Dua Tempat)

"Kita lakukan pengambilan sampel darah pada Hewan Penular Rabies (HPR) dan vaksinasi rabies di wilayah Kabupaten Tangerang," kata Kepala DPKP Kabupaten Tangerang, Asep Jatnika di Tangerang, Senin 29 Agustus 2022.

Dikatakan Asep, Pengambilan sampel darah dan vaksin rabies terhadap hewan peliharaan ini merupakan tindak lanjut dari Surat Dinas Pertanian Provinsi Banten Nomor 524/1966-Distan/2022 tentang permohonan Surveilans Detect Disease Rabies dari Program Banten Bebas Rabies Tahun 2023. 

"Dan kita sudah mulai melakukan kegiatan ini sejak 18 Agustus sampai 13 September 2022 di 25 kecamatan yang ada," terangnya

Ia menyebutkan, selama pelaksanaan kegiatan pencegahan rabies ini akan dilakukan vaksinasi sebanyak 400 dosis, pengambilan sampel darah sebanyak 360 sampel dan otak sebanyak tiga sampel dari hewan peliharaan yang ada. 

(BACA JUGA:Hasil Indonesia Survei Center, Prabowo Posisi Pertama Disusul Ganjar Kedua, Anies Ketiga)

(BACA JUGA:Akun Twitter TNI AD Dibajak, Diganti Gambar Kartun Pudgy Penguins)

"Sementara untuk tim ada sebanyak empat tim, yang terdiri dari 16 petugas pada bidang Keswan dan Kesmavet, Sub Koordinator, JFT dan Staf," ujarnya. 

Ia pun mengimbau, kepada masyarakat yang memelihara atau memiliki hewan seperti anjing dan kucing untuk melapor ke pihak DPKP. 

Agar nantinya dilakukan pemeriksaan oleh petugas sebagai langkah antisipasi terjadinya penularan penyakit. 

Selain itu, pihaknya berharap agar para pemilik hewan maupun komunitas pecinta hewan dapat meningkatkan kepeduliannya kesehatan hewannya. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: