Rekayasa CCTV Versi Ferdy Sambo Dibongkar, LPSK Temukan Narasi Putri Candrawathi yang Alami Pelecehan Seksual

Rekayasa CCTV Versi Ferdy Sambo Dibongkar, LPSK Temukan Narasi Putri Candrawathi yang Alami Pelecehan Seksual

Irjen Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi--Disway

JAKARTA, FIN.CO.ID - Lembaga Perlindungan Saksi dan korban (LPSK) tengah menyelidiki kasus pembunuhan Brigadir J yang terjadi di rumah dinas Irjen Ferdy Sambo.

Penyelidikan kali ini, LPSK membongkar bentuk rekayasa CCTV versi Irjen Ferdi Sambo.

Dalam rekaman cctv versi Ferdi Sambo. LPSK menambahkan backsound dalam rekaman guna untuk mendapat narasi yang menggiring penonton untuk terpicu secara emosional dan dramatis.

Wakil ketua LPSK Edwin Partogi Pasaribu menjelaskan video CCTV yang ditambah backsound menampilkan rombongan istri Ferdi Sambo yakni Putri Candrawathi pulang dari Magelang menuju Duren Tiga, Jakarta Selatan.

(BACA JUGA:Rapat dengan Komisi III DPR, Kapolri: Penyidikan Timsus Kasus Brigadir J Hampir Selesai)

"Selain dikasih backsound saat diputar, kemudian ada yang menerangkan menjelaskan termasuk menerangkan situasi atau kondisi dari ibu PC (Putri Candrawaathi) sebagai korban," ungkap Edwin pada Rabu 24 Agustus 2022.

Dalam rekaman CCTV tersebut, LPSK menemukan narasi yang menciptakan kesan seolah Putri Candrawathi dalam kondisi korban pelecehan seksual.

"Ada narasi Itu ya, sebagai upaya untuk mempengaruhi yang terundang. (narasinya) ‘Kasian Ibu Putri ini perempuan, punya anak, jadi korban cabul, segala macam diperlihatkan wajahnya dan (disampaikan) bajunya terbuka’," jelasnya.

Edwin melanjutkan, narasi tersebut ditambah guna memengaruhi para pendengar agar satu paham dengan Ferdy Sambo.

(BACA JUGA:Periksa Handphone Brigadir J, Polri Temukan Kejanggalan: Tidak Ada Record Komunikasi)

"Itukan dengan maksud untuk mempengaruhi para undangan supaya yang diundang itu sama frekuensinya dengan maksud tujuan dari si pengundang biar satu pemahaman," ungkap Edwin. 

Sebelumnya, Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) tak bisa memberikan perlindungan terhadap istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi.

Keputusan itu ditetapkan lantaran penyelidikan dugaan pelecehan seksual yang dilaporkan Putri Candrawathi ke Bareskrim Polri telah dihentikan.

Ketua LPSK Hasto Atmojo Suroyo mengatakan, permohonan perlindungan yang dilayangkan Putri Candrawathi kepada pihaknya berkaitan pelaporan dugaan pelecehan seksual.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Ari Nur Cahyo

Tentang Penulis

Sumber: