Begini Pesan Plt Menpan RB Mahfud MD ke ASN di HUT ke-77 Republik Indonesia

Begini Pesan Plt Menpan RB Mahfud MD ke ASN di HUT ke-77 Republik Indonesia

Plt Menpan RB Mahfud MD saat upacara HUT RI ke-77.--

JAKARTA, FIN.CO.ID – Plt. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Mahfud MD meminta aparatur sipil negara (ASN) mampu menghadapi tantangan multidimensi. 

Sebagai tonggak dari birokrasi, ASN diharapkan dapat menghadapi tantangan tersebut dengan menerapkan adaptasi dan adopsi.

 (BACA JUGA:Komentar Luhut di Momen HUT RI ke-77 lewat IG, Indonesia Bisa Atasi Masalahnya Sendiri)

Menurutnya adaptasi dapat dilakukan dalam pembuatan kebijakan dan implementasinya, juga dalam peningkatan keahlian dan kompetensi. 

Sedangkan adopsi dilaksanakan dengan penerapan sistem dan teknologi yang relevan dengan tuntutan era digital dan pandemi global.  

“Kita berupaya untuk mewujudkan birokrasi yang lebih efektif dan efisien yang didukung oleh manajemen ASN masa depan yang lebih agile dan dinamis,” ujarnya, Rabu 17 Agustus 2022.

Disampaikan bahwa peringatan HUT ke-77 Republik Indonesia mengangkat tema ‘Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat’ yang mengandung makna bahwa nilai-nilai Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika telah mendorong pemerintah dan masyarakat untuk bergerak dan bekerja sama menghadapi tantangan yang ada. 

(BACA JUGA:Begini Makna HUT Ke-77 RI bagi Kasad TNI Jenderal Dudung Abdurachman)

Hal itu dibuktikan dari pencapaian Indonesia dalam penanganan pandemi Covid-19 serta pelaksanaan program Pemulihan Ekonomi Nasional. 

Mahfud juga menegaskan bahwa tahun ini merupakan tahun yang spesial bagi Indonesia karena dipercaya sebagai tuan rumah penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi G20. Sebagai salah satu anggota dalam forum G20, Indonesia bukan hanya memperjuangkan kepentingan nasional pada tingkat global. Indonesia juga menjadi suara dari negara berkembang yang berkontribusi bagi penyelesaian berbagai permasalahan ekonomi atau tantangan yang dihadapi dunia. 

Dalam peringatan HUT RI di Kementerian PANRB juga dilaksanakan pemberian penghargaan Satyalancana Karya Satya 30 tahun, 20 tahun, dan 10 tahun bagi pegawai. 

Selain itu, juga dilakukan pemberian penghargaan pegawai teladan dan pegawai yang memasuki masa Purnabakti. 

 (BACA JUGA:Pidato Puan Maharani Tentang 'Dua Sayap Burung' Dinilai sebagai Sinyal Maju Pilpres 2024)

Mahfud pun berpesan agar penghargaan yang diberikan menjadi motivasi para pegawai untuk selalu memberikan pelayanan yang terbaik.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: