Nasional

Seluruh Anak Yatim Piatu Bakal Dapat Bansos Rp300 Ribu Per Bulan

fin.co.id - 17/08/2022, 15:22 WIB

Bansos

JAKARTA, FIN.CO.ID - Seluruh anak yatim piatu baik akibat Covid-19 maupun tidak akan mendapat bantuan sosial (bansos) tahun 2022.

Program anak yatim piatu mendapat bansos tengah diajukan Kementerian Sosial (Kemensos).

Sekretaris Jenderal Kemensos Harry Hikmat mengatakan pihaknya pada tahun 2021 meluncurkan program bansos khusus anak yatim, piatu, dan yatim piatu yang orang tuanya meninggal karena paparan Covid-19.

(BACA JUGA: Cair Bulan Depan, Anak Yatim Piatu Akibat Covid-19 Kota Bekasi Dapat Rp200 Ribu)

(BACA JUGA:Kabar Bahagia, Jokowi Bakal Tambah Bansos BLT dan BMK Kalau APBN Ada Uang Lebih)

Program tersebut tetap dilanjutkan pada tahun 2022 ini.

"Kemudian tahun ini juga Bu Menteri (Mensos Tri Rismaharini, red.) telah mengusulkan usulan ke Kemenkeu (Kementerian Keuangan) ada asistensi rehabilitasi sosial bagi anak yatim, piatu, dan yatim piatu untuk mendapatkan santunan, dan diharapkan mereka bisa memenuhi kebutuhan bukan hanya anak-anak yang karena orang tuanya meninggal dunia karena Covid-19," katanya, Rabu, 17 Agustus 2022.

Dikatakannya saat ini dari Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), sekitar empat juta lebih anak yatim, piatu, dan yatim piatu yang memerlukan bantuan. 

(BACA JUGA: Salurkan Bansos Kemensos, Jokowi: Ini untuk Tambahan Modal Usaha)

(BACA JUGA:Sudah Mencapai 98 Persen, Jokowi Puas dengan Penyaluran Bansos)

Sekitar 950.000 anak yang kedua orang tuanya meninggal dunia, di luar data anak yang orang tuanya meninggal karena Covid-19.

Santunan untuk anak-anak tersebut direncanakan sebesar Rp300.000 per bulan. Diharapkan pada tahun 2023, bantuan tersebut terus berlanjut, sehingga anak-anak tersebut tidak rentan terhadap kasus ketelantaran, kekerasan, bahkan eksploitasi anak.

"Ada hubungan yang signifikan antara kehilangan orang tua dengan masalah yang dihadapi oleh anak-anak kita. Jadi atensi anak yatim piatu itu akan memberikan satu upaya dari negara untuk mencegah terjadi masalah membuat anak kehilangan masa depan," ujar Harry.

(BACA JUGA: Bansos Ekstra Jelang Ramadan Segera Disalurkan, Tapi...)

Sebelumnya, Kemensos berencana menyalurkan bantuan sosial kepada anak yatim.

Admin
Penulis
-->