Timnas Indonesia U-16 Targetkan Juara Piala AFF, Bima Sakti: Kesempatan Tidak Datang Dua Kali

Timnas Indonesia U-16 Targetkan Juara Piala AFF, Bima Sakti: Kesempatan Tidak Datang Dua Kali

Kepala pelatih Timnas Indonesia U-16 Bima Sakti Tukiman.-pssi.org-

YOGYAKARTA, FIN.CO.ID - Pelatih Timnas Indonesia U-16 Bima Sakti mengungkapkan jika pasukan garuda muda ingin juara piala AFF U-16 2022.

Timnas Indonesia U-16 dipastikan lolos ke final setelah mengadaskan lawanya Myanmar pada partai semifinal.

Timnas Indonesia yang sudah memasuki final akan berhadapan melawan Vietnam, karena tim yang beruluk the Golden Star tersebut berhasil mengalahkan Thailand.

Bima Sakti pun meminta kepada para pemain untuk berikan terbaik jelang lawan Vietnam di final AFF U-16.

(BACA JUGA:HUT Ke-35 Arema FC, Manajer Ali Rifki Ucap Kalimat Berkelas)

Menurut pelatih berusia 46 tahun tersebut, juara piala AFF menjadi hadian untu HUT RI ke-77

"Saya meminta kepada para pemain untuk memberikan yang terbaik di final karena kesempatan tidak datang dua kali. Saya berharap mereka mengukir prestasi terbaik untuk karier dan itu akan menjadi hadiah kemerdekaan bangsa Indonesia," ujar Bima di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Kamis 11 Agustus 2022.

Ia menginstruksikan anak-anak asuhnya untuk tidak menganggap remeh Vietnam meski Indonesia sudah mengalahkan mereka dengan skor 2-1 pada laga terakhir Grup A, Sabtu pekan lalu.

Vietnam, Bima melanjutkan, adalah tim yang bagus dan berpengalaman. Skuad asuhan Nguyen Quoc Tuan sempat menjalani pemusatan latihan (TC) di Jerman dan beruji coba dengan tim-tim muda Bundesliga seperti Borussia Dortmund.

(BACA JUGA:Rumornya, Laga Perdana Piala Dunia Qatar Dimulai Lebih Awal)

"Jadi kami tidak boleh menganggap pertandingan besok bakal mudah, walau kami sempat mengalahkan mereka 2-1 di penyisihan grup. Malah, kami mesti lebih bekerja keras dan fokus menit permenit. Kemudian, kami harus mengurangi kesalahan-kesalahan," tutur juru taktik timnas Indonesia di Piala AFF 2018 itu.

"Insyaallah dengan seizin Allah, itu (juara Piala AFF U-16-red) akan menjadi yang pertama bagi saya sebagai pelatih," ujar Bima dalam jumpa pers pralaga di Stadion Maguwoharjo, Kamis.

Sosok yang resmi gantung sepatu pada 2017 dalam usia 41 tahun itu memang belum pernah merasakan gelar juara di kompetisi apapun, baik sebagai pelatih maupun asisten pelatih.

Prestasi terbaiknya hanyalah menjadi peringkat ketiga Piala AFF U-15 2019 saat Bima ia mulai dipercaya menangani timnas U-15 dan U-16.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Ari Nur Cahyo

Tentang Penulis

Sumber: