Ketua KPK: Bupati Mamberamo Tengah Kabur ke Papua Nugini Lewat Jalur Darat, Bawa 3 Tas

Ketua KPK: Bupati Mamberamo Tengah Kabur ke Papua Nugini Lewat Jalur Darat, Bawa 3 Tas

Ketua KPK Firli Bahuri-Dok FIN-

JAKARTA, FIN.CO.ID - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengungkap Bupati Mamberamo Tengah nonaktif Ricky Ham Pagawak melarikan diri ke Papua Nugini melalui jalur darat.

Informasi itu terungkap usai KPK memeriksa pihak yang diduga membantu pelarian tersangka dugaan suap dan gratifikasi proyek di Kabupaten Mamberamo Tengah itu ke luar negeri.

(BACA JUGA:KPK Cecar Wabup Mamberamo Tengah Soal Pengondisian Pemenang Proyek oleh Bupati Ricky Ham Pagawak)

"Yang ke Papua (Papua Nugini) itu lewat darat. Kenapa kita tahu? Yang membantu pakai lewat darat itu sudah diperiksa," kata Ketua KPK Firli Bahuri di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Senin, 8 Agustus 2022.

Lebih lanjut, Firli menyampaikan, Ricky Ham Pagawak melarikan diri dengan membawa tiga buah tas. Namun ia tak bisa memastikan isi tas tersebut.

Kalau yang dibawa memang betul ada tas tiga. Tapi kalau isinya kita belum liat, karena belum tertangkap," ucap Firli.

(BACA JUGA:Sempat Tepis Tangan Wartawan Usai Diperiksa KPK, Wakil Bupati Mamberamo Tengah Minta Maaf: Saya Lelah)

Saat ini, KPK belum mengumumkan secara resmi soal status tersangka Ricky Ham Pagawak. KPK akan menyampaikan saat penyidikan dirasa cukup dan telah dilakukan upaya paksa penangkapan maupun penahanan.

KPK memasukkan Ricky Ham Pagawak ke dalam daftar pencarian orang (DPO) sejak 15 Juli 2022. Tersangka Ricky Ham Pagawak diduga melarikan diri ke Papua Nugini ketika hendak dijemput paksa oleh tim penyidik KPK.

KPK telah mengirimkan surat kepada National Central Bureau (NCB) Interpol Indonesia perihal permohonan penerbitan red notice untuk memburu tersangka Ricky Ham Pagawak.

(BACA JUGA:Diperiksa KPK, Nowela Idol Dicecar Soal Duit dari Bupati Mamberamo Tengah: Honor Manggung)

KPK memastikan akan terus mencari keberadaan Ricky Ham Pagawak, dan segara menyelesaikan kasus dugaan korupsi di Mamberamo Tengah itu.

KPK juga telah menyita aset berupa rumah dan mobil yang diduga milik tersangka Ricky Ham Pagawak saat menggeledah di wilayah Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Banten, Jumat, 22 Juli 2022.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rizky Agustian

Tentang Penulis

Sumber: