Soal Beras Bansos Dikubur JNE, Polda Metro Jaya Cek ke Lokasi Besok Bareng Bulog dan Kemensos Besok

Soal Beras Bansos Dikubur JNE, Polda Metro Jaya Cek ke Lokasi Besok Bareng Bulog dan Kemensos Besok

Beras Bantuan Sosial Kementerian Sosial yang dikubur di Depok.--Antara

Sesuai prosedur, JNE selalu berkomitmen untuk mengikuti segala prosedur dan ketentuan hukum yang berlaku apa bila diperlukan.

(BACA JUGA:Soal Beras Bansos 1 Ton Dikubur JNE, Polisi Langsung Bereaksi Tegas)

"Besar harapan kami penjelasan dan klarifikasi ini menjadi informasi bermanfaat agar tidak terjadi kesalahpahaman atas hal yag terjadi tersebut," ungkapnya.

"Mengingat pentingnya klarifikasi ini dan juga merupakan hak jawab kami, maka mohon kerja sama rekan-rekan untuk dapat membantu menayangkan berita klarifikasi ini," tutupnya.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan menjelaskan Pengakuan beras bansos itu berdasarkan kronologi berikut ini. 

Dikatakannya beras bansos Kementerian Sosial (Kemensos) sengaja dikubur dan tidak diberikan ke masyarakat.

Beras bansos itu rusak saat JNE selaku pihak jasa kurir mengangkutnya dari gudang penyimpanan karena cuaca.

(BACA JUGA:Bansos Pemerintah Dikubur di Belakang Gudang, JNE: Sudah Sesuai Standar Operasional)

"Nah pada saat pengambilan di suatu waktu ini, masih kita dalami kapan itu, keterangan yang kita periksa hari ini menyampaikan pada saat pengambilan beras di Pulogadung mengalami gangguan di perjalanan akibat cuaca hujan deras," kata Zulpan, Senin, 1 Agustus 2022.

Dikatakannya JNE selaku pihak jasa kurir bekerja sama dengan PT DNR selaku pemegang distribusi beras bansos dari pemerintah kepada masyarakat yang berhak menerima untuk wilayah Depok pada 2020.

Atas kerusakan beras bansos tersebut  pihak JNE langsung bertanggung jawab dan menggantinya. 

"Kemudian dikarenakan beras basah maka itu menurut JNE adalah tanggung jawab JNE dan beras tersebut sudah diganti pihak JNE dengan paket lainnya yang setara," ujarnya.

(BACA JUGA:Purnawirawan Polri Dianggap Bikin Gaduh Atas Kasus Brigadir J, Lemkapi: Jangan Cari Panggung)

Diungkapkannya pihak JNE telah melakukan penggantian berupa pembayaran kepada pihak pemerintah terkait beras bansos yang rusak karena kesalahan operasional tersebut.

Meski demikian, dia mengatakan pihaknya masih terus melakukan pendalaman terkait keterangan yang telah disampaikan oleh pihak JNE mengenai beras bansos yang ditemukan terkubur tersebut.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: