Hah! Otopsi Jenazah Brigadir J Alami Kesulitan, Dokter Forensik Beberkan Penyebabnya

Hah! Otopsi Jenazah Brigadir J Alami Kesulitan, Dokter Forensik Beberkan Penyebabnya

Brigadir J atau Brigadir Nopryansyah Yosua Hutabarat-Palpos.id-

JAKARTA, FIN.CO.ID- Dokter Forensik telah menyelesaikan ekshumasi atau otopsi ulang terhadap jenazah Brigadir Nopriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J.

Hasil otopsi ulang ini akan dijadikan sebagai bahan penyelidikan atas kasus penembakan Bharada E yang menewaskan Brigadir J di rumah dinas Irjen Pol. Ferdy Sambo di Duren Tiga, Jakarta Selatan beberapa hari lalu.

Dokter Forensik mengukapkan jika mengalami kesulitan ketika melakukan otopsi ulang jenazah Brigadir J.

Ketua Umum Perhimpunan Dokter Forensi Indonesia Ade Firmansyah Sugiharto mengatakan, jenazah Brigadis J sudah alami fase pembusukan sehingga hal tersebut menjadi penyebab kesulitan ketika melakukan otopsi.

(BACA JUGA:Pengacara Istri Fredy Sambo Sesalkan Pemakaman Brigadir J Dilakukan Secara Kedinasan)

"Sesuai dengan apa yang kami perkirakan sebelumnya, bahwa autopsi pasti memiliki beberapa kesulitan. Pertama, tentunya otopsi jenazah sudah diformalin dan sudah mengalami beberapa derajat pembusukan yang memang kita antisipasi akan terjadi," ucap Ade Firmansyah Sugiharto pada Kamis (28/7/2022).

Lanjutanya ia meyakini jika autopsi Brigadir j bisa dijalankan. Tim dokter Forensik berhasil mengidentifikasi sejumlah luka. Saat ini sampel luka akan diperiksa menggunakan mikroskopik.

"Di sini ya setelah kami lakukan pemeriksaan, semua sampel telah kami kumpulkan dan akan kami bawa ke Jakarta untuk kita periksa secara mikroskopik di laboratorium patalogi anatomik RSCM," tuturnya.

"Semua nanti hasil pemeriksaan tentunya membutuhkan waktu kongklusinya adalah setelah adanya pemeriksaan laboratorium untuk menantikan apa itu betul-betul atau tidak karena pada saat terjadi pembusukan tentunya kita harus sangat berhati-hati," tutupnya.


Cuplikan video saat baju jenazah Brigadir J dibuka oleh keluarga -Chanel Bu Lurah -Telegram

(BACA JUGA:Kasus Kematian Brigadir J Belum Terkuak, KP3: Kapolda Ini Harus Mundur)

Enam Jam Autopsi

Autopsi ulang jenazah Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat atau Brigadir J telah selesai. 

Autopsi ulang di RSUD Sungai Bahar, Muaro Jambi, Jambi, berlangsung selama enam jam, mulai pukul 09.00 WIB hingga pukul 15.00 WIB.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Ari Nur Cahyo

Tentang Penulis

Sumber: