Buntut Kecelakaan Odong-odong di Serang Banten, DJKA Tutup Perlintasan Liar Sebidang

Buntut Kecelakaan Odong-odong di Serang Banten, DJKA Tutup Perlintasan Liar Sebidang

Odong-odong yang ditabrak kereta dan tewaskan 9 orang di Kabupaten Serang, Banten.-Rikhi Ferdian-fin.co.id

 

JAKARTA, FIN.CO.ID -- Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan memberikan tanggapan terkait kecelakaan odong-odong di Kragilan, Serang, Provinsi Banten pada Selasa 26 Juli 2022 siang kemarin. 

Juru Bicara Kementerian Perhubungan, Adita Irawati mengatakan, usai mendapat laporan mengenai kecelakaan maut tersebut, DJKA langsung menerjunkan tim untuk membantu pihak berwajib melakukan investigasi terkait kecelakaan tersebut. 

(BACA JUGA:Sembilan Orang Tewas, Berikut Kronologi Kecelakaan Maut Mobil Odong-odong)

DJKA melakukan penutupan terhadap pintu perlintasan sebidang liar yang mengakibatkan terjadinya tumburan antara Kereta Api dengan odong-odong yang melintas tersebut. 

"Kementerian Perhubungan, melalui Direktorat Jenderal Perkeretaapian  telah  mengirim tim ke lokasi, dan melakukan penutupan pada perlintasan liar dan ilegal tersebut. Tim akan melakukan investigasi lebih lanjut bersama pihak terkait," ujar Adita kepada awak media, Selasa 26 Juli 2022. 

Kemenhub, kata Adita, meminta dukungan kepada seluruh masyarakat untuk sama-sama menjaga keselamatan, dengan tidak melewati perlintasan-perlintasan liar karena membahayakan, bukan saja bagi masyarakat yang melintas, namun juga kereta api dan prasarana perkeretaapian lainnya. 

"Kami memohon dukungan seluruh pihak, termasuk warga masyarakat untuk turut menjaga keselamatan semua pihak dengan tidak melewati perlintasan kereta api yang liar/ilegal," tuturnya. 

(BACA JUGA:Odong-Odong Ditabrak Kereta, Begini Respon Polresta Tangerang )

Adita pun menyampaikan duka cita mendalam atas terjadinya kevelakaan yang merenggut banyak korban jiwa tersebut. Ia berharap kedepam tidak terjadi lagi hal-hal demikian. 

"Kami turut berduka cita atas kecelakan Odong-Odong yang tertabrak kereta api di Kragilan, Kabupaten Serang, Banten, tadi siang. Kami menyesalkan kejadian yang menimbulkan korban jiwa tersebut," pungkasnya. 

Kereta Api menabrak sebuah odong-odong yang sedang membawa anak-anak dan ibu-ibu terjadi di perlintasan Desa Silebu, Kecamatan Kragilan, Kabupaten Serang, Banten, Selasa 27 Juli 2022.

Kapolres Serang AKBP Yudha Satria mengatakan, kecelakaan maut itu menyebabkan 9 orang meninggal.

(BACA JUGA:Sindir Balik Roy Suryo, Ferdinand Hutahaean: Mas Roy Kalau Butuh Bantuan Biaya Perawatan Kabari Saya)

Untuk korban meninggal dunia saya dapat info dari anggota sampai saat ini 9 orang,” Kapolres Serang AKBP Yudha Satria Selasa 26 Juli 2022.

Kecelajaan itu terjadi pada pukul 11.15 WIB. Odong-odong yang sedang melintas di perlintasan kereta api tidak mendengar bahwa kereta sudah mendekat.

“Karena memang odong-odongnya ini konvoi. Ada konvoi odong-odong di depannya dia ikuti. Nah, yang dia ini buntutnya ternyata tertabrak oleh kereta api,” jelas Yudha.


DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: