Pagar JIS Ambruk, Fraksi PSI DPRD Jakarta: Baru Sekali Dipakai Sudah Roboh...

Pagar JIS Ambruk, Fraksi PSI DPRD Jakarta: Baru Sekali Dipakai Sudah Roboh...

Pagar JIS ambruk saat launching-ist-net

JAKARTA, FIN.CO.ID - Pagar pembatas tribun penonton di Jakarta Internasional Stadium (JIS) ambruk saat acara grand launching, Minggu, 24 Juli 2022.

Atas kejadian tersebut, Ketua Fraksi PSI, DPRD DKI Jakarta, Anggara Wicitra Sastroamidjojo meminta Pemprov DKI segera mengevaluasi pengelola JIS, yaitu Jakpro.

Selain itu, Anggara juga meminta kontraktor pembangunan JIS ikut dievaluasi.

(BACA JUGA:Ngeri... Pagar Pembatas Penonton JIS Ambruk Saat Launching)

Adapun kontraktor yang membangun JIS adalah PT Wijaya Karya Bangunan Gedung Tbk.

"Pemprov DKI harus mengevaluasi Jakpro dan kontraktor yang membangun JIS tersebut," katanya, Senin, 25 Juli 2022.

Dia juga meminta Pemprov DKI harus mengecek ulang semua fasilitas dan bangunan di JIS, memastikan bahwa stadion tersebut sudah layak dipergunakan.

(BACA JUGA:Pagar Tribun JIS Roboh, Anies Baswedan Menduga Kerinduan The Jakmania ke Perija Jadi Biang Keroknya)

Ia pun menyayangkan insiden tersebut karena dalam pembangunan JIS disebutkan menggandeng ahli dari Inggris yang turut merancang Olympic Stadium, kandang Arsenal Emirates Stadium, dan Tottenham Hotspur Stadium di London.

"Alhasil, baru sekali digunakan sudah ada bagian yang roboh," ungkapnya.

Padahal, lanjut dia, dari sisi kapasitas penonton, berdasarkan data Jaklingko mereka hanya menjual 64.000 tiket penonton, sedangkan kapasitas penonton di JIS bisa menampung hingga 82.000 penonton.

"Ini betul-betul menjadi perhatian kami di DPRD DKI. Pasalnya, stadion ini akan digunakan secara intensif untuk beragam kegiatan, jangan sampai konstruksi JIS malah tidak mendukung bahkan ada roboh-roboh lainnya yang menyusul, apalagi sampai menelan korban. Pemprov harus segera benahi hal ini," tegasnya.

Ia juga mengkritik pernyataan Gubernur Anies Baswedan yang menyatakan pagar tribun roboh karena diperkirakan euforia Jakmania, sebutan pendukung klub bola Jakarta, Persija.

"Pak Anies tidak elok menyalahkan euforia Jakmania sebagai penyebab robohnya pagar tribun stadion. Keriuhan, kegembiraan di stadion hal yang wajar, dan memang itu peruntukannya. Jangan seolah-olah gubernur cuci tangan soal ini," katanya.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: