Tegas! Panglima TNI Bersedia Bantu Autopsi Ulang Brigadir J: Karena Ini Misi Kemanusiaan

Tegas! Panglima TNI Bersedia Bantu Autopsi Ulang Brigadir J: Karena Ini Misi Kemanusiaan

Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa--Instagram/@tni_angkatan_darat

JAKARTA, FIN.CO.ID- kasus penembakan sesama polisi yang menewaskan Brigadir Nopryansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J turut mendapat perhatian dari TNI. 

Pangilma TNI Jenderal TNI Jenderal Andika Perkasa bersedia untuk membantu autopsi ulang jenazah Brigadir J sebagai bentuk misi kemanusiaan.

Andika menuturkan , ika TNI memiliki tiga rumah sakit kelas A serta berbagai rumah sakit kelas di bawahnya yang tersebar di sejumlah daerah.

Dengan potensi yang dimiliki, TNI siap membantu ekshumasi jenazah Brigadir J.

(BACA JUGA:Ahli Forensik RSAL Diminta Autopsi Ulang Jenazah Brigadir J, TNI AL: Tunggu Keputusan Panglima TNI)

"Jadi saya, TNI siap membantu," ucap Andika di Mako Kolinlamil Tanjung Priok, Jakarta Utara pada Jumat (22/7/2022).

Andika melanjutkan, TNI akan siapkan rumah sakit, beserta tim dokter senior sampai peralatan medis terbaik yang dibutuhkan untuk ekshumasi Brigadir J.

"Kami pasti hadirkan dokter-dokter maupun semua perangkat media yang diperlukan, yang terbaik, karena ini adalah misi kemanusiaan," ucapnya.

Namun, pihaknya belum menerima secara resmi permintaan terkait hal tersebut, baik dari keluarga Brigadir J maupun pihak kepolisian.

(BACA JUGA:Eks Kasum TNI Beri Komentar Mengejutkan Soal Bharada E Diduga Dapat Ancaman dan Lapor ke LPSK)

Jika memang nantinya TNI dimintai bantuan terkait hal tersebut, katanya, maka pihaknya akan mengawasi secara langsung objektivitas proses tersebut, baik dari pemilihan rumah sakit maupun tim dokter yang akan dilibatkan untuk membantu. DIa menegaskan akan memastikan proses tersebut tidak diintervensi oleh siapa pun.

"Sehingga mereka bisa memberikan penilaian maupun misalnya sumbangsih dari segi keilmuan itu lebih maksimal dan yang lebih penting memang terkendali dalam arti tidak intervensi sedikit pun sehingga mereka bisa memberikan opini yang benar-benar obyektif," jelasnya.

TNI Angkatan Laut (AL) sendiri sudah menegaskan kesiapan untuk melakukan autopsi ulang jenazah Brigadir J.

"TNI AL memiliki kemampuan dalam melakukan autopsi yang dilaksanakan oleh dokter dengan memiliki kemampuan autopsi dari Rumah Sakit TNI Angkatan Laut (RSAL)," kata Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Laut (Kadispenal) Laksma TNI Julius Widjojono.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Ari Nur Cahyo

Tentang Penulis

Sumber: