Polri Benarkan Adanya Polisi Intimidasi Jurnalis Liput Kasus Brigadir J, Begini Penjelasanya

Polri Benarkan Adanya Polisi Intimidasi Jurnalis Liput Kasus Brigadir J, Begini Penjelasanya

Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo.--PMJ news

JAKARTA, FIN.CO.ID- Polri benarkan ada polisi yang mengitimidasi wartawan yang meliput rumah dinas Kadiv Propam Irjen Fery Sambo.

Seperti dikabarkan, terdapat dua jurnalis mengalami intimidasi oleh orang tidak dikenal saat meliput di sekitaran Rumah Dinas Kadiv Propam Irjen Pol Ferdy Sambo. Orang yang tidak dikenal tersebut bahkan memaksa jurnalis tersebut untuk menghapus bahan liputan berupa video dan foto.

Kejadian tersebut, Polri telah menangkap anggota polisi yang melakukan intimidasi kepada jurnalis. 

(BACA JUGA:Beredar Video Luka-Luka di Tubuh Brigadir J Usai Keluarga Buka Peti Jenazah )

Selain itu Polri memastiskan terhadap Polisi yang melakukan intimidasi terhadap rekan jurnalis akan ditindak lajuti untuk proses etik yang ditangani Karo Provos dari Divisi Profesi dan pengamanan (Divpropam).

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo.

"Anggota yang melakukan intimidasi kepada jurnalis yang melaksanakan tugas sudah ditemukan dan diamankan," ungkap Dedi pada Jumat (15/7/2022)-

"Dan akan ditindak tegas oleh Karo Provos, nanti hasilnya pun akan saya informasikan," Tambahnya.

(BACA JUGA:Kapolres Bongkar Percakapan Brigadir J dengan Istri Kadiv Propam Sebelum Aksi Baku Tembak)

Meski begitu, Dedi belum mau mengungkan identitas dari anggota yang berhasil ditangkap, lantaran melakukan tindak intimidasi tersebut.

Dirinya menegaskan pelanggaran semacam ini akan ditindaklanjuti oleh Provos dalam penegakan disiplin dan ketertiban di lingkungan Polri.

"Di kesempatan ini seluruh anggota Polri harus betul-betul paham bahwa teman-teman jurnalis melaksanakan tugas-tugas jurnalistik itu dilindungi oleh konstitusi," tutur Dedi.

"Tugas-tugasnya jurnalis ini tugas-tugas dalam rangka untuk bisa memberikan informasi, bisa memberikan literasi, edukasi kepada masyarakat, tentang semua peristiwa. Semua kejadian yang terjadi di manapun di Indonesia," jelasnya menambahkan.

(BACA JUGA:Mabes Polri Tegaskan Bakal Usut Seluruh Temuan Peristiwa Baku Tembak di Rumah Dinas Kadiv Propam)

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Ari Nur Cahyo

Tentang Penulis

Sumber: