Polres Metro Bekasi Fasilitasi Ahli Waris Lahan Tol Jatikarya Diskusi Dengan Pengadilan Negeri

Polres Metro Bekasi Fasilitasi Ahli Waris Lahan Tol Jatikarya Diskusi Dengan Pengadilan Negeri

Kapolres Metro Bekasi Kota, Kombes Pol Hengki-Tuahta Simanjuntak untuk FIN.CO.ID-

 

BEKASI, FIN.CO.ID - Polres Metro Bekasi Kota bakal menfasilitasi pertemuan antara pihak ahli waris lahan tol Jatikarya yang digusur untuk pembangunan  jalan tol Cimanggis-Cibitung, dengan pihak Pengadilan Negeri (PN) Kota Bekasi untuk membahas untuk membahas perkara ganti rugi lahan yang tak kunjung dibayarkan.  

 

Sebagaima  diketahui, puluhan ahli waris lahan tol Jatikarya kembali melakukan pemblokiran ruas tol Cimanggis - Cibitung. 

(BACA JUGA:Tol Jatikarya Kota Bekasi Diblokade Ahli Waris, Ganti Rugi Tidak Kunjung Dibayarkan)

Wartawan FIN.CO.ID berkesempatan melakukan pemantauan langsung di lapangan, pada siang hingga sore hari, Selasa 12 Juli 2022. 

Dari pantauan, tampak para ahli waris lahan tol Jatikarya memblokir 2 jalur di pintu keluar gerbang tol Jatikarya 1 dan pintu masuk gerbang tol Jatikarya 2. Pengguna jalan tol hanya bisa melalui satu lajur saja.

"Nanti akan ditindaklanjuti lagi oleh Ketua PN (Pengadilan Negeri) dengan berkoordinasi dengan ATR/BPN untuk melakukan pengukuran lokasi, terutama di jalan tol," ungkap Kapolres Metro Bekasi Kota, Kombes Pol Hengki, ditemui di Jatikarya, Selasa 12 Juli 2022, sembari memastikan untuk memfasilitasi pertemuan kedua belah pihak. 

Meski aksi massa memblokir dua gerbang tol, namun Hengki memastikan bahwa secara umum situasi dan kondisi di lokasi masih berjalan dengan normal.

(BACA JUGA:Situasi Terkini, Tol Jatikarya Bekasi di Blokade Warga, Imbas Uang Ganti Rugi Belom Dibayar)

"Seluruh situasi aktvitas disini masih berjalan lancar dan semua kegiatan perjalanan di jalan tol juga masih berjalan," ucap Hengki. 

Hengki menambahkan, adanya pemblokiran jalan yang dilakukan dengan cara menutup dua gerbang tol merupakan salah satu bentuk penyampaian pendapat.

"Tadi mereka hanya menyampaikan aspirasi saja, semua bisa berjalan dan bisa kita kelola dengan baik tanpa harus menimbulkan kerusuhan dan kita lakukan secara presuasif jadi semua masih berjalan lancar," jelasnya.

Hengki juga memastikan, pihaknya tetap akan menurunkan petugas guna memastikan kelancaran lalulintas di gerbang tol tersebut. 

(BACA JUGA:Warga Jatikarya Kota Bekasi Blokade Ruas Tol Cimanggis-CIbitung, Tuntut Uang Pembebasan Lahan Segera Dibayar)

"Kita tetap melakukan pemantauan dan penjagaan melayani masyarakat supaya jalan tol tetap berjalan normal," pungkasnya. (Tuahta Simanjuntak)

Sumber: