Indonesia Gagal ke Semifinal Piala AFF U-19, Thailand vs Vietnam Main Imbang 1-1

Indonesia Gagal ke Semifinal Piala AFF U-19, Thailand vs Vietnam Main Imbang 1-1

Pesepak bola Indonesia U19 Mikael Alfredo Tata (kanan) berebut bola dengan pesepak bola Myanmar U19 Myo Min Hein (kiri) dan Chit Aye (tengah) dalam laga penyisihan grup Piala AFF U19 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Minggu (10/7/2022). -Akbar Nugroho Gumay-ANTARA FOTO

BEKASI, FIN.CO.ID - Meski menang 5-1 atas Myanmar, Timnas U-19 Indonesia gagal ke semifinal Piala AFF U-19 2022.

Penyebabnya, pada laga akhir lainnya, Thailand bermain imbang dengan Vietnam 1-1. 

Timnas U-19  Indonesia bermain memukau saat mengalahkan Myanmar 5-1 pada laga pamungkas Grup A di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Minggu, 10 Juli 2022 malam.

(BACA JUGA:Ribuan Supporter Sudah Padati Stadion Patriot Chandrabaga, Kawal Timnas U-19 di Laga Penutup)

Indonesia gagal ke semifinal karena kalah "head to head" dari Vietnam dan Thailand.

Kedua tim tersebut akhirnya yang mewakili Grup A di semifinal. Vietnam sebagai juara grup dan Thailand di peringkat kedua.

Bagi Indonesia, terakhir kali "Garuda Nusantara" gagal lolos dari fase grup Piala AFF U-19 terjadi pada 2016.

(BACA JUGA:Timnas U-19 Salat Iduladha di Masjid Al-Barkah Kota Bekasi, Tri Adhianto Kasih Pesan Begini)

Dari laga kontra Myanmar, gol-gol Indonesia dibuat oleh Muhammad Ferarri (dua gol), Arkhan Fikri, Rabbani Siddiq dan Ronaldo Kwateh. Myanmar memperkecil kedudukan via La Min Htwe.

Dalam pertandingan tersebut, anak-anak asuh pelatih Shin Tae-yong sejatinya menekan lawan dari menit awal demi mencuri gol yang dapat meloloskan mereka ke semifinal.

Akan tetapi, berawal dari sebuah tendangan sudut pada menit ketujuh, Myanmar yang mencuri gol yang dibuat sang kapten La Min Htwe.

Indonesia yang terkejut dengan gol tersebut kemudian meningkatkan kualitas gebrakannya ke pertahanan lawan. Hasilnya, kapten Indonesia Muhammad Ferarri menjebol gawang Myanmar memanfaatkan tendangan bebas Zanadin Fariz dan skor pun menjadi 1-1.

Delapan menit kemudian, Indonesia mengambil alih kendali pertandingan setelah gelandang Arkhan Fikri melesakkan gol dari luar kotak penalti. Indonesia memimpin dengan skor 2-1.

Belum puas, Indonesia semakin memperlebar jarak dengan Myanmar melalui gol kedua Muhammad Ferarri dalam pertandingan tersebut. "Assist" diberikan Arkhan dari sepakan bebas.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: