Momen Bahagia Saat Warga Binaan di Lapas Kelas IIA Kota Bekasi Sembelih Hewan Kurban

Momen Bahagia Saat Warga Binaan di Lapas Kelas IIA Kota Bekasi Sembelih Hewan Kurban

Suasana saat warga binaan di Lapas Kelas II A Kota Bekasi melaksanakan penyembelihan hewan kurban-Tuahta Simanjuntak untuk FIN.CO.ID-

 

BEKASI, FIN.CO.ID - Kebahagiaan momentum Hari Raya Idul Adha1443 H juga berlangsung di Lapas Kelas IIA Kota Bekasi. Selepas sholat Id, para warga binaan juga melakukan penyembelihan hewan kurban.

Menurut Seksi Bimbingan Narapidana/Anak Didik (Kasi Binadik) Kiki Oditya, sama seperti lainnya pada hari ini Lapas Kelas IIA Kota Bekasi juga melakukan sholat Idul Adha serta pemotongan hewan kurban.

(BACA JUGA:Sebelum Ditembak, Kerbau yang Mengamuk Dekat Bandara Soetta Lari Sejauh 15 Km Hingga Seruduk 4 Warga)

"Kami hari ini juga elaksanakan pemotongan dan penyembelihan hewan kurban sebanyak empat ekor sampi dan sembilan ekor kambing," ucap Kiki saat ditemui di area Lapas, Minggu 10 Juli 2022.

Kiki menerangkan, dalam prosesi pemotongan hewan kurban, sebanyak 12 orang narapidana ditugaskan untuk melakukan penyembelehan, yang nantinya daging kurban akan di distribusikan ke seluruh warga binaan lainnya.

"Untuk dagingnya didistribusikan ke seluruh warga binaan, kebetulan hari ini ada 1.932 dan itu langsung didistribusikan, tapi kita olah dulu kita masak dengan matang baru didistribusikan," ungkapnya.

Selain itu menurut informasi yang fin.co.id dapatkan, terdapat dua orang warga binaan yang memberikan sumbangan hewan untuk dikurbankan di dalam Lapas Kelas IIA Kota Bekasi.

(BACA JUGA:7 Ekor Sapi dan 14 Kambing Disembelih di Masjid Al-Barkah Kota Bekasi Sudah Melalui Pemeriksaan)

"Untuk warga binaan yang menyumbang memberikan dan menyalurkan hewan kurbannya ada 2, sebanyak lima ekor kambing," jelasnya.

Saat ditemui, Januar Effendy (41) mengungkapkan bahwasanya kambing yang disumbangkan olehnya ditujukan untuk berbagi dengan sesama warga binaan lainnya.

"Saya sumbang sebanyak dua ekor. Di lapas ini kan saya baru menjalankan pidana ini, jadi keluarga saya untuk berbagi di Lapas ini," ungkap Januar Effendy.

Lanjutnya Januar menceritakan bahwa pada tahun lalu dirinya juga ikut menyumbang hewan kurban ke lapas, selain itu ia mengaku bahwa hewan yang disumbangkan ini merupakan dari keluarga besarnya.

(BACA JUGA:Aktif di Negara K-Pop, BNI diapresiasi Dubes)

"Tahun kemarin juga sama sapi satu sama kambing satu, ini dari pihak keluarga saya sendiri, ngirim langsung ke pihak sini," tuturnya.

Dalam kesempatan tersebut Januar juga menerangkan bahwa ia divonis selama 6 tahun penjara akibat kasus Narkotika.

"Saya kasus narkoba, kemudian salah pergaulan, ya apa gimana, ya namanya teman. Awalnya, ngasih, ya begitulah, salah pergaulan aja kita lalu divonis 6 tahun," ucap dia.

Tambahnya dirinya juga menghimbau kepada masyarakat lainnya untuk tidak menggunakan narkoba karena efeknya akan merugikan diri sendiri, lingkungan dan juga keluarga.

(BACA JUGA:Penyaluran KUR BRI Efektif Bantu UMKM Kembangkan Usaha)

"Pesan saya jauhilah narkoba, efeknya seperti saya ini, menjalani hukuman jauh dari keluargam jauh dari istri anak dan terutama orang tua," tutupnya. (Tuahta Simanjuntak)

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: