10 Ribu Orang Diperkirakan Menunaikan Shalat Idul Adha 2022 di Masjid Raya Al-A'zhom

10 Ribu Orang Diperkirakan Menunaikan Shalat Idul Adha 2022 di Masjid Raya Al-A'zhom

Raya Al-A'zhom Kota Tangerang--

TANGERANG, FIN.CO.ID -- Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Raya Al-A'zhom Kota Tangerang tidak akan membatasi kapasitas jamaah yang akan melaksanakan shalat Idul Adha 1444 Hijriyah, pada Minggu 10 Juli 2022.

Meski begitu, pelaksanaan shalat Idul Adha di masjid Raya Al-A'zhom tetap dilaksanakan dengan mengedepankan protokol kesehatan (prokes). 

Diantaranya, seluruh jamaah yang akan melaksanakan shalat Idul Adha di masjid Raya Al-A'zhom harus memakai masker. 

(BACA JUGA:Sejarah Singkat Idul Adha: Atas Perintah Allah, Nabi Ibrahim Nyaris Sembelih Anaknya )

"Tidak ada (batasan kapasitas) tapi para jamaah diimbau untuk membawa sajadah sendiri dan memakai masker, jadi prokes yang diutamakan," kata ketua DKM Masjid Raya Al-A'zhom Achmad Chaerudin kepada FIN.CO.ID, Sabtu 9 Juli 2022.

Diutarakannya, masjid Raya Al-A'zhom sendiri memiliki daya tampung jamaah sekitar lima ribu orang. Namun, dia memperkirakan, ada sekitar 10 ribu orang yang akan menunaikan shalat iduladha di masjid Raya Al-A'zhom. 

(BACA JUGA:Merebaknya Wabah PMK Menjelang Hari Raya Idul Adha Membuat Harga Jual Hewan Kurban Melonjak Tinggi)

Maka dari itu, pihaknya juga akan menggunakan aula kantor MUI Kota Tangerang untuk shalat Ied khusus bagi jamaah perempuan.

"Kalau di dalam itu kapasitas 5 ribu orang, tapi kalau shalat hari raya itu kan sampai ke jalan-jalan yah, diperkirakan mencapai 10 ribu jamaah," ucapnya. 

Dia melanjutkan, pelaksaan shalat Idul Adha di masjid Raya Al-A'zhom mulai digelar sekira pukul 06.30.

Pejabat pemkot seperti Walikota Tangerang Arief R Wismansyah, Wakil Walikota Syahrudin dan para kepala dinas direncanakan akan menunaikan ibadah shalat iduladha di masjid Al-A'zhom. 

(BACA JUGA:Arab Saudi Tetapkan Idul Adha Tanggal 9 Juli, Berbeda dengan Indonesia, Bagaimana Menyikapinya? )

Bertindak sebagai imam shalat yakni KH. Yuri Rakhmatullah. Sedangkan khatib shalat yaitu KH. Abdullah Thalib yang merupakan wakil ketua MUI Kota Tangerang.

"Insya Allah besok kita akan melaksanakan shalat Idul Adha, mulai digelar sekitar jam 06.30 karena kan ada sambutan dari pa wali kota dulu biasanya," ujarnya. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: