Jadi yang Pertama di Indonesia, Jakarta Bakal Punya Jalur Pedestrian Bawah Tanah

Jadi yang Pertama di Indonesia, Jakarta Bakal Punya Jalur Pedestrian Bawah Tanah

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.-Facebook/Anies Baswedan-

JAKARTA, FIN.CO.ID - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan Kota Jakarta memiliki pedestrian bawah tanah yang merupakan pertama di Indonesia.

Pembangunan jalur pedestrian bawah tanah tersebut terkoneksi dengan Stasiun MRT Dukuh Atas-Gedung Thamrin Nine UOB.

(BACA JUGA:Ali Syarief Komentar Tajam ke Abu Janda Terkait Unggah Video Parodi Pidato Anies Soal ACT)

Saat konferensi pers bertajuk pembukaan "TOD Fair 2022" di Jakarta pada Kamis, 7 Juli 2022, Anies mengatakan hari ini menjadi sejarah, pasalnya jalur bawah tanah ini menjadi yang pertama di Jakarta dan Indonesia dengan perkiraan selesai 18 bulan mendatang atau sekitar 2023.

“Hari yang bersejarah memulai sebuah proyek pembangunan jalur pedestrian di bawah tanah dimana penumpang MRT akan melewati sebuah tunnel untuk menjangkau gedung-gedung sekitar stasiun,” kata Anies

Ia juga menyebut bangunan pedestrian ini merupakan masa depan, karena ke depannya semua pembangunan MRT yang sedang dalam tahap konstruksi akan disiapkan rongga sehingga dibuatkan koridor penyambung ke bangunan sekitarnya.

(BACA JUGA:Ketahuan Sebar Video Hoaks Soal Anies, Abu Janda Buru-Buru Meralat: Parodi Buat Lucu-Lucuan)

Lebih lanjut, ia turut menjelaskan pembangunan ini merupakan integrasi level kedua dimana integrasi yang dibangun merupakan integrasi antarstasiun dengan bangunan-bangunan sekitarnya.

Sedangkan integrasi level pertama adalah integrasi antarmoda yakni bagaimana MRT tersambung dengan Transjakarta, angkutan umum, kereta api yang kini sudah ada 9 stasiun terintegrasi level pertama.

Dengan adanya interkoneksi hasil kemitraan antara pemerintah dan swasta ini, Anies berharap dapat mewadahi perpindahan dari kendaraan pribadi ke kendaraan umum.

(BACA JUGA:Viral Abu Janda Unggah Video Parodi Pidato Anies Soal ACT, TGUPP Tulis Pernyataan Mengejutkan)

“Kita ingin perpindahan kendaraan pribadi ke umum menjadi perpindahan yang rasional secara hitungan, waktu, biaya menjadi lebih murah,” tutur mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu.

Sementara itu, Direktur Utama PT MRT Jakarta, William Sabandar menyebut pembangunan ini menelan biaya sekitar Rp150 miliar yang ditanggung penuh pihak pengembang pembangunan.

“Jadi tadi saya tanya karena ini memang full 100 persen akan ditanggung pihak developer kerja sama kami, diperkirakan sekitar Rp150 miliar,” ungkap William

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rizky Agustian

Tentang Penulis

Sumber: