Apa Itu Ras Melanesia? Ini 5 Provinsi di Indonesia yang Masuk Melanesia

Apa Itu Ras Melanesia? Ini 5 Provinsi di Indonesia yang Masuk Melanesia

Ras Melanesia di Indonesia - Kemendikbud--

JAKARTA, FIN.CO.ID- Melanesia adalah sebutan untuk salah satu ras berkulit hitam yang tersebar di berbagai negara di Dunia, termasuk Indonesia. 

Secara harfiah, melanesia adalah bahasa Yunani “melano” yang berarti hitam dan “soid” yang berarti penampilan.

Dalam kamus besar bahas Indonesia (KBBI), Melanesia adalah; gugus kepulauan, bangsa, dan bahasa di bagian barat daya Lautan Teduh, di sebelah timur laut Australia. 

Melanesia kemudian diartikan sebagai ras berkulit hitam yang tinggal di sejumlah gugusan pulau.

(BACA JUGA:Skandal Foto Mesra Dengan Kapolres Maluku, Terduga Polwan Berpangkat Briptu Diproses Propam)

Istilah Melanesia ini pertama kali digunakan oleh penjelajah Prancis bernama Jules Dumont d'Urville pada tahun 1832 untuk menunjuk ke sebuah kelompok etnis dan pengelompokan pulau-pulau yang berbeda dari Polinesia dan Mikronesia. 

Sekarang ini, klasifikasi "rasial" Dumont d'Urville dianggap tidak tepat sebab dia menutupi keragaman budaya, linguistik, dan genetik Melanesia dan sekarang ini hanya digunakan untuk penamaan geografis saja.

Ras Melanesia tersebar di beberapa negara di dunia, seperti di Australia, Papua Nugini Bismarck, Fiji, Solomon, Vanuatu, dan Indonesia. 

Nono Adya Supriyatno waktu masih menjabat sebagai Sekretaris Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbud pada 2015 lalu mengatakan, Indonesia merupakan sebuah negara yang memiliki jumlah ras Melanesia terbanyak dibandingkan negara-negara ras Melanesia lainnya.

(BACA JUGA:DPR Sahkan 3 Provinsi Baru di Papua, Wapres Ma'ruf Amin: untuk Tingkatkan Pelayanan)

"Jumlah masyarakat ras Melanesia di Indonesia bisa mencapai 13 juta jiwa yang tersebar lima provinsi Melanesia di Indonesia," katanya kepada wartawan usai bedah buku berjudul "Diaspora Melanesia di Nusantara", di Kupang, NTT 2015 lalu. 

Lima provinsi di Indonesia yang tergabung dalam ras Melanesia tersebut masing-masing adalah Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara dan Nusa Tenggara Timur (NTT).

Sementara itu jumlah ras Melenasia di enam negara lainnya hanya berjumlah sembilan juta Jiwa, yang terdiri dari negara Papua Nugini, Timor Leste, Vanuatu, Kaledonia Baru, Kepulauan Salomon, serta Fiji.

"Kalau ditotalkan maka jumlahnya bisa mencapai 22 juta jiwa ras Melanesia yang ada di negaranegara yang berbudaya Melanesia tersebut," ujarnya.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: