Jokowi dan Zelenskyy Saling Bertemu, Bicarakan Pentingnya Ukraina Bagi Pangan Dunia

Jokowi dan Zelenskyy Saling Bertemu, Bicarakan Pentingnya Ukraina Bagi Pangan Dunia

Presiden Joko Widodo dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy berjabat tangan di Istana Negara Kyiev pada Kamis (30/6/2022)-@jokowi-Twitter

JAKARTA, FIN.CO.ID- Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu dengan Presiden Ukraina Zelenskyy di Istana Negara Ukraina di Kyiv pada Kamis 30 Juni 2022.

Kedatangan Jokowi untuk bertemu dengan Zelenskyy tentunya dalam wujud kepedulian Indonesia terhadap situasi yang terjadi terhadap Ukraina.

Menurut Jokowi negara Ukraina merupakan bagian penting bagi dunia, karena dapat menjamin keamanan bagi kelancaran ekspor pangan.

(BACA JUGA:Jokowi Tawarkan Diri ke Zelenskyy untuk Sampaikan Pesan ke Putin)

(BACA JUGA:Jelang AFC Cup 2022 Pelatih Bali United Antisipasi Penyerang Kaya FC )

Pernyataan Jokowi terhadap Ukraina diketahui melalui akun Twitter pribadinya bernama @jokowi.

"Ukraina begitu penting bagi rantai pasok pangan dunia. Penting bagi semua pihak untuk memberikan jaminan keamanan bagi kelancaran ekspor pangan Ukraina, termasuk melalui pelabuhan laut," tulis Jokowi pada Kamis 30 Juni 2022.

Jokowi turut menyebutkan tepat pada tahun ini adalah 30 tahun hubungan diplomatik antara Indonesia dengan Ukraina. Dalam sela kunjunganya kepala negara Indonesia tersebut turut mengundang Zelenskyy untuk hadir alam KTTG20.

"Selain memperkuat komitmen Indonesia untuk memperkuat kerja sama dengan Ukraina, saya juga menyampaikan undangan secara langsung kepada Presiden Zelenskyy untuk berpatisipasi dalam KTTG20 bulan November tahun ini di Bali," ucap Jokowi.

Presiden RI ke tujuh tersebut menegaskan posisi Indonesia mengenai pentingnya penghormatan terhadap kedaulatan dan integritas wilayah. 

(BACA JUGA: BREAKING NEWS! Jokowi-Zelenskyy Bertemu 4 Mata di Istana Maryinsky, Sama-Sama Bersepatu Kets)

Meskipun masih sangat sulit dicapai, Presiden Jokowi juga tetap menyampaikan pentingnya penyelesaian damai dan mengatakan bahwa spirit perdamaian tidak boleh pernah luntur.

Jokowi mengatakan, dia menawarkan diri kepada Presiden Zelenskyy untuk sampaikan pesan kepada Presiden Rusia, Vladimir Putin.

“Dalam kaitan ini, saya menawarkan diri untuk membawa pesan dari Presiden Zelenskyy untuk Presiden Putin yang akan saya kunjungi segera,” imbuhnya.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Ari Nur Cahyo

Tentang Penulis

Sumber: