Pemerintah Kabupaten Bekasi Dorong Perusahaan Mengembangkan Energi Listrik Terbarukan Tenaga Surya

Pemerintah Kabupaten Bekasi Dorong Perusahaan Mengembangkan Energi Listrik Terbarukan Tenaga Surya

--

BEKASI, FIN.CO.ID -- PJ Bupati Bekasi Dani Ramdan, mendorong PT. Bina Bangun Wibawa Mukti (BBWM) untuk mempunyai diversifikasi usaha baru dalam bidang energi terbarukan.

Salah satu bidang usaha yang didorong adalah listrik tenaga surya, hal tersebut dikarenakan wilayah Kabupaten Bekasi sangat mampu menangkap sinyal panas matahari dari berbagai sisi untuk diserap panel surya.

(BACA JUGA:Batu Diduga Peninggalan Era Kesultanan Banten Abad Ke-17 Ditemukan di Bekasi, Begini Wujudnya )

Menurut Dani Ramdan, pihaknya mengapresiasi atas kinerja yang dilakukan oleh para pegawai terkait pembangunan dan pengelolaan BUMD milik Pemkab Bekasi itu.

“Saya hari ini mengunjungi kilang gas, memang dari laporan awal dari sisi produksi tahun ke tahun mengalami penurunan karena cadangan gas yang mulai berkurang. Namun demikian, dengan berbagai upaya masih bisa bertahan atas kinerja PT. BBWM yang sudah cukup bagus," ucap Dani Ramdan dalam keterangan resminya, Selasa 28 Juni 2022.

Dani Ramdan menuturkan, dari topik rakor migas yang sudah dilaksanakan maka Pemkab Bekasi mendorong agar PT. BBWM mempunyai usaha bidang baru energi rerbarukan.

"Bekasi ini cukup berlimpah panas mataharinya, kemudian dari sisi permukaan untuk bisa kita menangkap tenaga surya yang akan kita transform teknologi atau arus listrik, kita punya hamparan kawasan industri, perkantoran dan rumah-rumah itu bisa kita manfaatkan untuk panel surya,” ungkapnya.

(BACA JUGA:Izin Holywings di Seluruh Jakarta Dicabut, Cabang Kota Bekasi Dalam Pemantauan Pemkot)

Pihaknya akan segera mengkaji mengenai energi terbarukan tersebut dari daerah yang sebelumnya sudah mengembangkan bidang tersebut terlebih dahulu.

Nantinya PT. BBMW harus menyampaikan proposal bisnis kepada Pemkab Bekasi agar difasilitasi dari seti modal yang dimiliki maupun penyertaan modal kedepannya.

“Namun kita tetap harus melihat dulu daerah yang sudah mulai, nanti kita akan kaji dari situ. Saya juga sudah bicara dengan BBWM untuk menyampaikan proposal bisnisnya, jika dirasa baik akan kami bantu dorong dan fasilitasi, baik dengan modal yang dimiliki BBWM maupun kalau perlu penyertaan modal ke depan,” jelasnya.

Dani Ramdan sangat berharap dengan adanya energi terbarukan nantinya PT. BBWM dapat berkontrinusi secara langsung dalam pemenuhan listrik sesuai dengan cita cita Kabupaten Bekasi.

(BACA JUGA:Salah Satu Batu Bersejarah di Kota Bekasi Dipindahkan, Ahli Cagar Budaya: SOP Pemindahan Tidak Sesuai)

“BBWM juga harus mampu memenuhi kebutuhan dasar listrik, paling tidak bisa memberikan kontribusi. Jadi kalau listrik dan air sudah bisa dikelola oleh BUMD notabennya kepanjangan tangannya Pemerintah Daerah, saya kira akan sangat ideal di Kabupaten Bekasi," tutupnya. (Tuahta Simanjuntak)

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sahroni

Tentang Penulis

Sumber: